First Step to .Net Technology… @ujian produktif

Posted: 20 September 2010 in programming

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sebenarnya tidak terlalu paham dengan teknologi .Net.  Kali ini yang dibahas hanya sebatas pengetahuan saya saja. Dan mungkin banyak yang salah, jadi mohon di cross check. Untuk itu saya tambahkan screen shot program apotik saya waktu ujian produktif di SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang. Memang saya akui interfacenya masih sederhana dan belum menggunakan semua kelebihan dari teknologi .Net. lagi pula waktu pengerjaan project tersebut maksimal hanya 3 hari. Namun saya mengerjakannya hanya 2 hari. Karena sebelum ujian project saya, sudah 50 % he he he ^_^.

Dulu masih menggunakan .Net 2 namun sekarang sudah muncul .Net 4. Dibawah merupakan logo .Net 4. Saya belum pernah mencoba .Net karena pasti tidak kuat di komputer saya.

Project tersebut bisa di download di http://tarecha-project.blogspot.com/ projectnya apotik_tarecha
Gambar2 disini hanya sebagian saja… selengkapnya ada di facebook
yaitu di http://www.facebook.com/album.php?aid=2060937&id=1479425986&l=020788ca2d karena sebenarnya alamat fisik dari file gambar saya upload di facebook.

logo .Net Framework 4

Apa itu .Net ?

.Net merupakan framework atau virtual machine. Dimana sebuah program di terjemahkan dahulu oleh framework ini kemudian menjadi kode mesin (bahasa mesin). Konsepnya seperti Java Virtual Machine (JVM di Java). Program Java bisa berjalan di platform manapun asalkan ada JVM nya kan? Begitu juga dengan .Net. Selama ada framework nya program .Net bisa dijalankan. Di hape yang ada .Net nya pun program bisa dijalankan. untuk materi versi2 .Net ada di http://www.diskusiweb.com/viewthread.php?tid=28804

Beda .Net dengan Java?

Kalo Java kan 1 bahasa banyak platform. Cukup coding sekali bisa dijalankan dimana saja, di Linux , Unix, Mac, dll.  Selama ada JVM nya program Java bisa dijalankan. kalo .Net?? Kebalikannya… banyak bahasa yaitu Visual Basic, Visual C++, Visual C#, ASP, Visual J#(sainganya Java), dll (lupa bahas apa aja). Banyak bahasa 1 platform(platform .Net di Windows). Jadi bisa saja bahasanya beda namun kemampuannya sama dalam platform .Net semua bahasa memiliki kemampuan yang sama. jadi sekarang tidak bisa seorang programmer C++ bangga kalo bahasanya lebih baik dari Visual Basic. Karena dasarnya sama. Namun kalo dilihat perkembangannya bisa saja .Net jalan di Linux. kan tinggal masalah platform aja. Seperti artikel saya sebelumnya bahwa ada emulatornya .Net.

Dan mungkin pada perkembangannya nanti Microsoft bakal membuat .Net buat OS selain Windows, dan saat itu terjadi .Net akan dalam puncak kejayaannya. Karena jadi

Banyak Bahasa Banyak Platform

Sehingga banyak programmer suka .Net karena mereka bisa jadi 1 sekalipun beda bahasa.

Dengan adanya kompabilitas antar bahasa memungkinkan bahasa pemprograman yang berbeda menghasilkan output yang sama dengan peformance yang sama.

materi tentang ini ada pada artikel saya sebelumnya yang ada link buat penggunaan MONO untuk .Net di linux…

https://tarecha.wordpress.com/2010/09/16/having-fun-with-visual-studio-visual-basic-net/

Kelebihan .Net dibandingkan Java (sangat subyektif, dilihat dari sudut pandang tarecha)

Java merupakan bahasa pemprograman OOP, .Net juga meski saya rasa OOP di .Net tidak sedalam di Java. hmm contohnya. kalo seperti class, inherits, overrides, overloading jangan khawatir…. di VB .Net bisa koq…. gak kan kalah ma Java.

bagaimana cara anda menaruh objek gambar di Java??

jika cara saya (biasanya pake ini). Gambar diambil dahulu. Kemudian gambar tersebut dimasukkan objek icon icon gambarku=new imageicon(path gambar). kemudian setelah terbentuk objek icon gambarku baru kemudian objek icon dimasukkan ke objek label untuk menampilkan gambar…. begitu saya bisanya. lalu… bukankah terlalu OOP juga memboroskan waktu??? untuk menampilkan gambar saja harus membuat objeknya dahulu. kemudian baru dimasukkan objek label. Iya benar label… saya tidak menemukan objek picture di Java seperti kebanyakan bahasa pemprograman lainnya. dan juga saya belum menemukan bagaimana stretchimage agar gambarnya pas dengan label. jadi gambarnya terpotong sesuai dengan ukuran labelnya.

gambar yang pertama merupakan gambar kucing kesayangan saya. namanya FIKA… he he

di gambar pertama gambar saya isikan langsung lewat properties dari label tersebut. cukup mudah. namun saat event clik saya ganti gambarnya dengan kucing lain. terlihat disana harus membuat objek image icon terlebih dahulu. kemudian di set labelnya dengan set icon. ini hanya contoh penggunaan objek untuk picture saja. saya yakin untuk hal lain pasti juga menggunakan objek2 yang tentunya semakin rumit (menurut saya).


Langsung mengisi objek icon

coding ganti gambar

gambar foto setelah di klik

kalo di Visual Basic .Net sangat mudah. hanya tinggal menggunakan objek picturebox kemudian mengeset gambar kemudian pilih mode size nya tinggal klik. tentu dengan melihat gambar dibawah pasti akan langsung paham.

gambar setelah di strecth

objek instan picturebox

lalu untuk mengganti gambar cukup dengan setting image location.

coding ganti gambar Vb .Net

hasil setelah di klik

contoh lain.

bagaimana cara anda menampilkan data suatu tabel dari database mysql ke objek tabel di Java?

kalo saya harus membuat objek tabel model. tabel model ini saya deklarasikan public sehingga semua class dapat mengaksesnya. Kemudian data dari tabel model diisikan 1 per 1 menggunakan perulangan while seperti dalam gambar looping di bawah ini. kemudian terakhir objek tabel disetkan isinya dengan objek tabel model yang sebelumnya telah disikan data.

proses looping untuk mengabil data

lalu set tabelmodelnya

set tabel model

Kalo di VB .Net sangat mudah. Class yang digunakan untuk menampilkan data sudah tersedia. SQL dieksekusi , lalu adapter(adp.fill) mengisi data ke datasource(ds). lalu ds dimasukkan ke objek datagridview yang merupakan table. jadi kita tidak perlu membuat objek tersendiri kemudian menangani proses penggambilan data, lalu memasukkan. Buat apa kita repot mengurusi hal itu??? Keep it as simple logic, nikmati hidupmu kawan…. gak pelu kita mikir terlalu OOP juga. Biar itu developer bahasa pemprograman yang mikir. kita tinggal pake, gunakan, manfaatkan, dan manipulasi.

coding untu eksekusi sql dan menampilkan di tabel

Namespace

setahu saya …

dalam .Net sudah ada banyak sekali class-class atau module  yang mengandung fungsi2 yang tinggal siap untuk digunakan. contohnya objek adapter yang diatas itu. Tidak perlu mengangani prosesnya. tinggal pakai. class dan modul yang digunakan juga cukup simple. Karena sangat banyaknya maka namespace ini dikelompokkan. analoginya seperti di java

import java.io.File;

import java.io.FileInputStream;

import java.io.IOException;

import java.sql.Connection;

import java.sql.DriverManager;

import java.sql.PreparedStatement;

import java.sql.SQLException;

jika di VB .Net

Imports System.Windows.Form

dll

pertanyaannya….

apakah anda mau mengimport terus menerus class-class yang dibutuhkan setiap form/class???

betapa repotnya jika ada banyak form yang menggunakan kelas yang sama bukan?

jika di .Net bisa menggunakakan “Global Imports” dimana cukup mengeset class apa saja yang dibutuhkan dan bisa digunakan disemua form/class tanpa menuliskan import satu per satu. Berikut adalah gambar global imports…..

SLIVERLIGHT

apa itu sliverlight (SL) ???

saya sendiri belum tahu dan belum pernah mencoba sebenernya. Karena emang tidak bisa jalan di komputer pentium 2 saya ini…. komputer jadul yang masih tetep eksis nie…. saya berani menebak…. komputer antum semua gak ada yang umurnya lebih tua dari komputer saya…. Assambly processornya aja taon 1997…. waktu saya SD itu… hehe ^_^.

SL merupakan produk baru yang berbasis grafik, seperti flash ato javaFX kalo gak salah,,,,, gtw lagi juga… cuman grafiknya tinggal drag n drop sedangkan pemprogramannya pake VC++ ato VB,,,,,

moga dapet laptop biar bisa menggunakan SL nie he he…

udah ah… ntar tambah salah infonya kalo saya lom pernah nyoba…..

nantikan artikel selanjunya…. n judulnya sesuai mood pastinya…. he he ^_^

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s