Berkenalan dengan si “FORM” @ VB .Net

Posted: 23 September 2010 in programming
Tag:, ,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

langsung aja nie… kali ini kita akan berkenalan dengan form. hmmm udah tahu kan form itu apa??? kalo di Java namanya frame… yah form inilah yang merupakan tempat menampung semua objek grafis (button, textbox, picture box, scroll, label, dll)…. jadi ini merupakan langkah pertama dalam mendesign sebuah interface program. form di atas biasa aja karena emang windowsnya tak set classic…. yang penting kan bisa jalan he he he… :p

referensi dari artikel ini adalah buku Kitab Suci Programmer Visual Basic 2005 oleh S’to penerbitnya Jasakom.

Begini kalo di Java code nya baik code untuk program atau code untuk design kan jadi 1. liad gambar berikut….

code untuk program maupun design form jadi 1

jadi kalo di Java semua code jadi 1. baik untuk design maupun untuk programnya. kalo di VB .Net lain ceritanya… file untuk coding program dengan untuk design dibedakan. meskipun kelihatannya hanya satu yaitu form1.vb namu sebenernya terdapat 2 file. coba klik show all files. maka akan terlihat. file Form1.design.vb dan form1.resx.

detail dari sebuah form

isi dari file untuk design tidak perlu kita edit manual dengan mengetikkan text. karena Visual Studio akan membuat code-code ini secara otomatis saat kita membvuat control ini lewat designer. Walaupun bisa untuk mengubahnya manual namun sangat berresiko tinggi. tanpa kedua file ini form akan rusak.


code design form

Event

event adalah suatu keadaan yang menimpa suatu objek (bahasa sederhanyanya). apakah objek itu di klik, di drag, dilewati oleh mouse, dan kejadian2 laen. la di form ini ada beberapa event yang sering digunakan, event ada banyak sekali.

event load()

event ini dijalankan saat pertamakali form itu load atau dibentuk/ditampilkan. konsepnya kayak konstruktor namun bukan konstruktor. biasanya disini digunakan untuk melakukan perintah yang hanya dilakukan sekali saja selama form itu aktif. saya beri contoh adalah merubah text dari objek label.

e

contoh event load

ketika program saya jalankan jadi

form setelah ada event load

selain itu ada banyak sekali event lain yang bisa digunakan.  salah satunya ada activated()… event ini akan melakukan code program yang ada di dalam nya seperti dalam load dia atas, setiap kali form itu aktif. contohnya ada dua form. anda berpindah fokus(mengaktifkan form2 kemudian kembalik ke form1 maka event acrivated akan berjalan. jadi setiap form itu aktif kode akan dijalankan. tentu anda paham konsep event kan?

lalu untuk memunculkan form ada 2 cara, yaitu:

  1. modeless form
  2. modal form

apakah perbedaannya??? ketika anda membuat sebuat button untuk menampilkan form2 dengan form2.show() maka akan muncul form2. anda bisa berpindah dari form2 ke form1 lalu kembali lagi. nah nie disebut “modeless form”.  sehingga form bisa aktif secara berdiri sendiri dan bisa gonta ganti aktifnya.

sedangkan modal form adalah form yang mendapatkan prioritas… anda tidak dapat mengaktifkan form lain jika form ini masih aktif. contohnya seperti di sebuah dialog open atau save file. form dialog itu akan ada terus dan anda tidak dapat menggunakan form lain bila form tersebut masih aktif bahasa gampangnya form itu butuh perhatian. bila sudah di tutup baru bisa menggunakan form laen. untuk modal form cukup mudah, cukup form2.showdialog()

show form

namun ketika form2 sudah di form2.show() dan form2 nya visible maka anda harus menghide dahulu form tersebut sebelum show dengan modal form yaitu form2.showdialog(). bila tidak akan error karena saat showdialog() form harus dalam keadaan hidden.

error show dialog

namum hal itu bisa diakali dengan

If Form2.Visible = True Then

Form2.Hide()

Else

Form2.ShowDialog()

End If

BERES………….. ^_^

OK n Cancel pada Form (dari bukunya S’to)

Form bisa memiliki 2 tombol khusus yaitu Accept Button dan Cancel Button. Accept Button adalah tombol yang otomatis di klik saat tombol enter di klik. biasanya berguna pada form login. kan jarang setelah ngetik username n password trus menggerakkan mouse untuk mengeklik tombol login. biasanya kan lebih suka enter.

kalo menurut analisis saya ini sama saja dengan form event yang keypress kemudian disamakan apakah key nya adalah chr(13) karakter enter… jika sama baru memanggil code yang ada di button untuk di klik. dengan adanya fitur ini tidak perlu repot2 bukan? begitu pula dengan Cancel Button. Cancel Button adalah tombol yang otomatis di klik saat menekan tombol Esc.

Accept button pada form

cancel button

Anchor (bukan hancur dalam bahasa madura loh… he he :p klo gak salah sich… karena saya buka orang madura…. ^_^)

perhatikan ilustrasi dibawah ini

objek terpotong

ketika kita meresize form maka ukurannya form akan berubah. sedangkan control (saya lebih suka menyebutnya objek) yang ada di dalamnya tidak ikut berubah, sehingga saat dikecilkan akan terpotong. la agar ukurannya bisa ikut form n proposional maka kita gunakan anchor, kalo di buku referensi visual basic .net penulisnya team madcoms penerbitnya andi, kegunaan : mengatur sisi kontrol bagian mana yang digunakan sebagai tempat untuk menempelkan ke container/wadah. kalo bahasa saya ini digunakan untuk merujuk bagaimana sebuah control menempatkan posisinya. kyk gini ilustrasinya ….

saya berdiri harus berjarak 1 meter dari dinding sebelah kiri. bagaimana pun ruangan itu berubah, mau mengecil ato membersar jarak saya harus 1 meter dengan dinding sebelah kiri.

ini contohnya

ancor button modeless

anchor button hide

anchor default, button modal

form dikecilkan

form dibesarkan

dari ilustrasi di atas bisa di analisa bahwa, anchor defaultnya top left, karena top left tidak berubah maka posisi contol tetap. untuk modeless form bottom right. dia ikut dengan posisi form yang bottom n right. jadi posisinya berubah. lalu yang hide form menjadi besar karena memang semua sisinya jaraknya sama dengan pinggirnya. jadinya controlnya yang membesar?? faham?

Semi transparan

gampang banget

opacity

gimana? tanpa dijelaskan tahu kan???

udah ah cukup aku rasa. capek juga kalo panjang2 artikelnya….

dikit-dikit yang penting istiqomah…. InsyaAllah…..

silahkan kalo mau ngasi komentar…. ^_^

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar
  1. Agung Tarecha mengatakan:

    hmmm jadi kangen fika…..
    kucing kesayangan ku…..
    hikz… hikz…. :((

  2. cheyrien (@cheyrien) mengatakan:

    🙂 subhanallah akhirnya bikin saya ngikik sendiri abis baca postingan yang serius-serius diatas eh lah ada pelajaran vb lhah kog FORM pertamanya bikin ngakak biasanya kan selalu dan always diawali dengan “Hello Word ”

    ini malah dokumentasiin sapaan centil buat si FIKA dan ternyata Kucing @_@ …nice lah bacaan sore melepas ngantuk mas

  3. Aldi Ramdani mengatakan:

    Thanks gan info nya membantu banget

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s