Step by step Mikrotik: Step 1 Install… ^_^

Posted: 24 Oktober 2010 in Mikrotik
Tag:, ,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

hmmmm kalo pengen buat jaringan paling mudah saya rasa routernya pake Mikrotik… lama gak pake Mikrotik ternyata udah mulai lupa he he he….

Iseng2 nulis artikel mikrotik he he he ….

IKATLAH ILMU DENGAN MENULISKANNYA

oke langsung aja pake gambar lah….. saya gak pandai buat kata2 yang mudah dimengerti he he, hanya beberapa orang temen saya yang sama2 heksagonal ngerti apa yang saya ungkapkan tanpa salah faham…… ^_^ …

Kali ini menggunakan virtual box nya SUN…. kenapa koq gak VM ware? agak berat menurut saya, dan menurut temen saya rahmat yang ahli jaringan komputer (bukan jaringan teroris loh ya :p ) VM ware itu service nya tetep jalan sekalipun tidak digunakan… coba check aja di task manager pada tab process….

SUN Virtual Box 3.0.4

1. Buat Virtual Machine

klik New

os type tidak terlalu berpengaruh sebenarnya

Alokasi Memori

Buat Virtual Machine Baru

2. Buat Virtual Hardisk

Buat Virtual Harddisk

HDD type

Alokasi Space HDD

Setelah itu klik aja next sampai habis.

3. Setting hardware

Klik Settings

Mount image mikrotik

arahkan path ke image mikrotik yang sudah ada. sebenernya saya juga heran koq bisa mikrotik 3.20 ini sampai 120 mega? biasanya gak sampai 18 mega aja. tapi ini versi yang udah di crack… gpp lah…

oh ya jangan lupa urutan boot nya cd-rom dulu baru harddisk

Urutan boot

lalu setting networknya

setting network

kalo selesai klik ok

4. Install mikrotik

Install Mikrotik

kalo ada pilihan ketik aja ‘yes’ semua….

lalu saat pilihan apa aja yang diinstall ketik ‘a’ ==> all lalu ‘i’ ==> install locally…..

kalo udah ntar reboot…

setelah itu unmount cd-rom image nya biar tidak install lagi……

ummount cd-rom image

5. konek dengan win box

defaulnt

login : admin

password : “kosong”

konek dengan winbox

6. Setting ip interface

Setting IP komputer

lalu setting ip mikrotik lewat winbox tadi… sebenarnya bisa lewat console settingnya…. tapi capek ah…. dah pernah… sekarang waktunya pake yang mudah ^_^🙂

Setting IP Mikrotik

penggunaan ip 192.168.1.1/24 langsung bisa… tapi kalo mau satu2 ya network id n broadcastnya diisikan manual🙂

lalu coba ping…

ping ke mikrotik

ok sukses…

sekarang bisa di akses lewat browser juga loh…. namun kalo browser kurang lengkap kayak winbox…..

selamat mencoba ^_^

jangan lupa share facebook yah ^_^

investasi ILMU yang bermanfaat yang dimanfaatkan orang lain … he he he

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar
  1. pallung mengatakan:

    nice artikel. . .thanks wat infonya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s