Step by step MASTERING Microsoft SQL Server 2005 : step 1 database dan tabel sederhana

Posted: 11 Maret 2011 in database
Tag:

SQL Server Management Studio

SQL Server Management Studio

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

hmmm lagi ujan2 nganggur kie… pengen nulis aja wes…. Iseng2 pake sql server….. udah banyak yang lupa he he … pelajaran kelas 3 dulu pas di moklet. Temen2 UIN udah dapet kan MySQL dan Oracle… so sekarang waktunya kenalan dengan SQL Server…. kalo menurutku SQL server itu ada di urutan ke 2 setelah Oracle. Tapi lumayan lah…. nggak terlalu berat daripada Oracle… masih bisa jalan di komputer pentium II jadul saya he he he. Lagi pula ada beberapa keunggulan… sekilas saya lihat tipe data nya lebih banyak yah…. oke kita step by step yah ^_^  semoga bermanfaat

Tipe data

sekilas ada tipe data yang tidak ada pada pada oracle… ya emang lum nyoba satu2 yah tapi ini tipe datanya

Tipe data

Tipe data

Tipe data

Tipe data

Tipe data

Tipe data

Tipe data

Tipe data

ya itulah tipe datanya…. ada tipe data image… saya belum coba sih… tapi mungkin seperti tipe data blob di MySQL…. pernah tak coba nyimpen gambar di MySQL…. untuk uang bisa tipe data money…. ada juga tipe data xml…. embuh gimana pakeknya…. yah nanti itu kita pelajarin bareng🙂

Install

SQL Server dan SSMEE

SQL Server dan SSMSEE

oke… saya asumsikan anda sudah pandai menginstall program windows…. ya jadi MS-SQL Server itu berdiri sendiri servernya…. yaitu file sqlexpr32 ini SQL 2005 express edition.. la untuk administrasi databasenya kita perlu mengistalll SSMSE yaitu SQL Server Management Studio Express….. kalo di MySQL bisa langsung mysql -u root -p …. tapi disini saya rasa harus menggunakan SSMSE…. tidak ada php my adminya kalo gak salah… ato yang kayak Oracle apec itu….

selanjutnya kita konfigurasi dasar yuk

Konfigurasi

Konfigurasi

Start Services

Start Services

oke…. kalo anda baru pertama kali menginstall pasti servicenya udah start… hanya saja saya buat start nya manual… agar pada saat tidak digunakan tidak membebani sistem…….. untuk mengubah startnya menjadi manual klik properties nya🙂

Start Manual

Start Manual

Administrasi

ya kan kalo udah start service nya kita saatnya administrasi databasenya pake SSMSE,,,

SSMSE

SSMSE

LOGIN

Authentikasi

Authentikasi

ada 2 macam cara autentikasi untuk login di MS SQL Server

  1. Windows Authentication ==> dengan mode ini bisa masuk database dengan authentikasi windows sistem operasi. kalo saya tidak salah maka hanya komputer localhost dan / atau beberapa komputer laen yang bisa lewat jaringan dengan ditentukan terlebih dahulu authentikasinya (meskipun saya belum coba yang pake komputer laen lewat jaringan he he he ) tolong di coba yah🙂 nanti kasi tahu saya
  2. SQL Server Autentication ==> sama seperti MySQL dan Oracle yaitu dengan metode username dan password… isikan dengan username yang telah diisikan saat pertama menginstall SQL Server
Server

Server

menurut saya… maaf nanti tolong di koreksi kalo salah… SQL Server menerapkan Instance…. tau kan ? kalo di MySQL kita bisa menjalankan beberapa server database di komputer yang sama dengan waktu yang bersamaan dengan catatan portnya berbeda misal 3306 dan 3307… kalo di SQL Server menggunakan nama instance…. ingat2 saat anda menginstall SQL Server yah… anda memberikan nama instance apa ? ^_^

untuk menggunakan beberapa SQL Server gunakan Instance yang berbeda

Instance SQL Server

Instance SQL Server

memilih instance nya …..

lalu oke klik COnnect…

Database

New Database

New Database

nama database

nama database

yah ini menggenerate database baru… initial size nya 2 mega… tapi ini bisa berkermbang koq…..

membuat tabel

Create Table

Create Table

lalu akan muncul pembuatan table seperti di MS Access….

langsung wes

Struktur tabel

Struktur tabel

yah anda pasti paham wes… disini bisa mengeset primary ket, relation, index, dan mengecek constrain / ketergantungan….. nanti bisa anda explorasi sendiri ^_^

setelah itu kita save tabelnya

Save Table

Save Table

SARAN

  • biasakan penggunaan prefix pada setiap penamaan tabel misal tabel user jangan user saja tapi tb_user atau tbuser…. saya pernah pakai user saja… memang saat dibuat tidak ada masalah namun dikemudian akan bentrok dengan key user (fungsi2 yang built in) jadi sebaiknya tidak sama dengan key2 tersebut misal jangan pakai nama tabel NEW, AS, Select,Alter dan sejenisnya. ini akan mengakibatkan error pada queri
Nama tabel dengan prefix

Nama tabel dengan prefix

Mengisikan data

pengisian data nya mirip MS Access,,,, bertupa tabel2 yang diisikan langsung

Open tabel

Open tabel

isikan data

isi data

isi data

QUERI

untuk menggunakan kueri harus menggunakan database yang mana dulu maka

New Query

New Query

oke… lalu akan muncul queri editor… klik ! pentung untuk mengeksekusi…. secara umum queri sql nya sama dengan DBMS yang lain… hanya saja ada beberapa perbedaan….. yah nanti akan kita explorasi lebih lanjut yah

hasil kueri

hasil kueri

oke untuk kali ini sekian saja….

nanti akan kita pelajari bersama penggunaan STORE PROCEDURE dan TRIGGER…..  kalo gak lupa yah he he he

semoga sedikit tulisan ini bermanfaat……

Let’s Share My Friends🙂

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar
  1. Ardian Adja mengatakan:

    Tutorial nya bagus untuk pemula nich.. .

  2. kalo gak ada confignya bagaimana ya ? soalnya saya sudah download dan install SQLServer2005_SSMSEE.exe dan di start menu ternyata tidak ada confignya, mohon balasannya

  3. Robin Vija mengatakan:

    mantap gan.. penjelasanya luar biasa membantu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s