Mahasiswa, orientasi dulu dan sekarang, sebuah kilas balik

Posted: 25 Mei 2012 in Diskusi
Tag:, ,

Perjuangan Mahasiswa 98

Perjuangan Mahasiswa 98

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

1998, ketika saya berumur 8 tahun, masih SD seingat saya…. ya waktu itu saya tak tahu apa2, hanya melihat di TV soal kerusuhan 98. Untuk ukuran anak SD itu bukan sesuatu yang pantas untuk di lihat…. dalam ingatan saya… saya melihat SCTV, seseorang pemuda mungkin mahasiswa memeriksa teman nya yang sedang terluka di jalan…  lalu datang seorang aparat…. melihat itu pemuda tadi menunjukkan kartu dengan mengatakan .. ” Pak … saya wartawan pak…. saya wartawan… sambil menunjukkan co card di tangan…. melihat aparat akan menarik pelatuk pemuda itu berbalik kemudian akan berlari…. sedetik kemudian……… DOOOOORRRR !!!! peluru melesat menerjang punggung pemuda tadi….. tayangan yang saya saksikan live…. kejadian langsung…. saya ingat sampai sekarang …

ada lagi….. seseorang yang sudah lumpuh tak berdaya… diseret oleh aparat kakinya,,,,, seperti bangkai saja menyeretnya…. sungguh menyedihkan….. entah kenapa.. ingatan2 seperti itu masih melekat pada saya… sungguh ingin melupakan hal tersebut….
lalu seingat saya lagi……  selama kerusuhan mei 1998, saya menggambar sebuah mobil….. yang sedang berada di atas jembatan… membawa bendera yang sangat panjang….. jauh melebihi panjang mobil sedan (karena seingat saya waktu itu mobil ayah saya Honda Accord)…. bendera tersebut ada di atas awan… dengan tulisan….. “REFORMASI TOTAL”…..  ya… saya berumur 8 tahun,… menggambar dan menyerukan reformasi total tanpa tahu apa maksudnya…. sangat lucu sekali….. bahkan saya yang tidak tahu menahu tentang kondisi politik saat itu pun ikut merasakan suasana saat itu…. yang pasti saya saat itu mendukung mahasiswa yang melawan aparat yang bersenjata….

hmmm tentu anda teringat dengan foto di atas kan ? bagaimana gedung DPR dikuasai mahasiswa….. Almamater kuning adalah Mahasiswa UI jika tidak salah… bagaimana mahasiswa2 dari berbagai kampus di Tanah air berkumpul dan memperjuangkan hal yang sama….. mereka berasal dari berbagai latar belakang… berkumpul…. berserikat…. pastilah mereka berbeda… berbagai golongan, agama , suku ras, ormas mungkin…. tapi mengapa mereka bisa bersama2 memperjuangkan Indonesia…. karena musuh utama dan bersama waktu itu hanya satu….. “Presiden Soeharto”….. inilah musuh bersama yang sama2 mereka lawan…. mereka bersatu…. kalian kira… apa tujuan mereka ? mencari keuntungan pribadi atau kelompok ? tidak….. mereka tak mendapat apapun sebagai imbalan untuk berdemonstrasi…. karena tujuan mereka untuk Perbaikan Indonesia yang semakin terpuruk…..

dengan Hudan saat rusuh pemira 2011

dengan Hudan saat rusuh pemira 2011

So….
apa yang beda dengan sekarang…..
sangat konyol….. jika anak2 saya nanti membaca ini saat menjadi mahasiswa pasti prihatin,… atau mungkin pada masa nya jauh lebih parah daripada saya ? antar mahasiswa sekarang tidak bersatu… sikut2 an…. masing2 mementingkan golongannya sendiri… saling berebut kekuasaan…. salah satu contoh pemira… saya tidak akan bilang ini benar itu salah…. semua sama2 salah…. kita sama2 salah…  jangan ada yang mengklaim bahwa diri sendiri benar…. hanya gara2 kursi BEM jadi rebutan… mengklaim itu kecurangan dll…. tidak terima sistem pemira….. membuat kerusuhan…. ah … kata seorang teman yang saat itu sama2 ada dilokasi…… ini cuman soal kue… kue keuasaan… kenapa sih gak berbagi,,,, golongan yang satu dengan yang lain berebut…. musuhnya sekarang bukan penindasan, ketidak adilan, tapi kelompok lain yang bukan kelompoknya…. ah… mahasiswa kehilangan orientasinya sehingga bukannya bersama2 membangun dan memperbaiki Bangsa ini tapi menginginkan kedudukan… malah pemira 2012… untuk menghindari bentrok2 maka sistem partai dihapuskan… calon independen… tapi sangat rapi…. calon dirancang hanya 1 yang juga otomatis menang…. ah… ngapain milih kalo langsung menang…. emang republik jaran kepang…..
saat terjadi demonstrasi2 saya biasanya ada di tempat… dengan kawan saya hudan… kami sama2 netral… kami sama2 tidak memiliki kepentingan…. kami berdua peduli… ini sebabnya kami ada untuk mengetahui kondisi apa sih yang terjadi di kampus….
ini tuntutan mahasiswa soal pemira…

tuntutan mahasiswa

tuntutan mahasiswa

demo pemira

demo pemira

ustadz Diny.. Ustadz PKPBA dan teman Pras

pras dan Ustadz Diny

pras dan Ustadz Diny

saya hudan dan pras  dan ustadz diny mendiskusikan apa sih yang terjadi di kampus tercinta ini ? apa yang terjadi… karena kami peduli….. aneh sekali mahasiswa ini …… rebutan kursi…

ini foto2 lainnya
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1840319695955.2093609.1479425986&type=3&l=5bfa3c7cff

 

jadi kalo anda mahasiswa………………
apa orientasi anda sekarang ?berjuang untuk kemaslahatan bersama, semua pih atau berjuang demi kepentingan pribadi dan kelompok ? lebih menginginkan untuk berkuasa ?
semua terserah anda….

 

sebuah parodi mahasiswa….. yang kehilangan arah ….

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Mochamad Agung Tarecha

 

 

Tinggalkan Balasan

