Kakek pembawa kayu dan nenek penjual jeruk

Posted: 9 Maret 2013 in Uncategorized

hmm…
saya mau cerita lagi…

suatu ketika saya disuruh ibu untuk beli nasi padang di daerah embong anyar, saya lewat embong anyar. saya lihat seorang kakek mengangkat kayu yang sangat berat, kayu tersebut diangkat nya jalan jauh. saya tahu karena beberapa kali melihat kakek tersebut. mungkin pekerjaan beliau memang mengangkat kayu… keadaan kakek tersebut sangat tua renta, (maaf) mata beliau sepertinya kena katarak 1. saya lihat dijalan beliau duduk istirahat… saya jalan lalu beli nasi padang… sampai disana beli dan saya belikan sebungkus nasi padang buat kakek tersebut. paling tidak itulah yang bisa saya berikan. saya naek sepeda pulang lalu menghampiri beliau… saya turun dan bilang niki Pak… dengan memberikan nasi tersebut.. beliau terima dan saya langsung kabur he he..

lalu cerita tentang nenek tua… nenek ini biasanya menawarkan jeruk kepada kami di rumah. biasanya ibu tidak membeli jeruknya tapi memberikan uang kepada nenek tersebut buat sangu biar jeruknya bisa dijual ke orang lain. biasanya kalo ketemu saya beri uang berapa yg ada di tangan saya. nenek tersebut jalan jauh sekali dari rumahnya… karena suatu ketika pada saat saya bawa motor dan memberikan uang , beliau bertanya apa mau ke daerah atas nya dau itu.. dan saya antar nenek tersebut sampai di rumahnya… jauh sekali… mungkin kalo saya males jalan jauh tiap hari seperti itu… nenek tersebut memang mungkin tiap hari jalan2… biasanya memang ada orang2 yang jika ketemu memberikan uang.. kadang jualan jeruk.. kadang tidak… beliau tidak mau meminta2… sungguh hebat…

untuk berbuat baik Anda tidak perlu kaya dahulu, punya jabatan dan kekuasaan dahulu, kerjakan dan lakukan apa yg bermanfaat untuk orang2 disekitar. Mungkin ada yang berfikiran secara teoritis bahwa dengan kekuasaanlah kebaikan bisa ditegakkan… makan mencari kekuasaan dengan tujuan mulia yaitu kebaikan. saya tidak melarang orang untuk berpolitik untuk mencari kekuasaan, monggo… kalo mau jadi negarawan (menurut kamus besar Bahasa Indonesia ne·ga·ra·wan n ahli dl kenegaraan; ahli dl menjalankan negara (pemerintahan); pemimpin politik yg secara taat asas menyusun kebijakan negara dng suatu pandangan ke depan atau mengelola masalah negara dng kebijaksanaan dan kewibawaan: beliau merupakan pahlawan besar dan — agung;) jadilah negarawan yang baik… 

jadilah patriot Bangsa…. buktikan dengan kontribusimu… tak perlu lah muluk2 yang penting bisa bermanfaat bagi sesama… ataukah kita bilang perjuangan pada rakyat kecil sedangkan kita tidak berjuang untuk menuntut ilmu?…. ataukah kita mengkritisi dosen plagiat sedangkan kita tugas cuman copy paste? ataukah kita mengatakan bahwa kampus seperti ini dan itu padahal kita hanya merepotkan orang2 disekitar? ataukah kita berteriak lantang berantas korupsi sedangkan waktu KPK menangkap seorang petinggi partai kita bela2 dengan mengkambinghitamkan KPK dengan tidak adil dengan tersangka lain?? adakah kita punya data yang pasti bahwa LHI tidak korupsi sehingga mengkambinghitamkan kata “KONSPIRASI” ? ingatlah…. apa tujuan kita sebenarnya… atau telah termakan doktrin sehingga apapun yang dikatakan atasan kita telan mentah2…

 

Tinggalkan Balasan

