Recovery PC kritikal

Posted: 14 Maret 2015 in Pengalaman

SOP Recovery PC Kritikal

SOP Recovery PC Kritikal

hmmm…..

sebagai seorang IT Infrastructure Officer yang bertanggungjawab atas seluruh infrastruktur IT, maka itu tanggung jawab yang besar. Mengapa begitu ? karena sekarang mesin2 dikendalikan oleh komputer kan ? sebagai salah satu contoh PC untuk mengontrol Gas Turbin  (GT) (pembangkit listrik tenaga gas alam / PGN ). bayangkan jika PC kontrollernya tiba2 tidak bekerja sedangkan PC tersebut mengontrol pembangkit listrik. Wah… berbe sekali urusannya bila katakanlah Gas Turbin tersebut gagal berfungsi dan meledak (jangan sampai!). dan inilah yang bikin saya deg deg an.

Ceritanya karena PC untuk kontroller GT itu gagal berfungsi dan lambat sekali, untuk PC 24 jam / 7 hari seminggu alias nyala terus harus diperhatikan lifecycle nya . terutama harddisk kenapa ? karena harddisk adalah part mekanik yang punya piringan yang bergerak. tentu perangkat yang bergerak lebih besar dan lebih cepat kemungkinannya untuk rusak. suatu ketika PC di GT tidak bekerja. setelah saya cek ternyata harddisknya banyak “bad sectornya”, hal ini maklum karena rata2 PC yang nyala terus selama 5 tahun pasti mengalami penurunan kinerja. Jika menunggu vendor GT untuk memperbaikinya maka membutuhkan waktu lama dan biaya yang besar karena tentu vendor GT orang luar negeri kan ? dan kita juga dikejar waktu karena harus segera online, mau tawar2 an saya vendor butuh waktu, dan juga vendor gk mau ngasi solusi via phone biar kita yang ngerjakan. mungkin karena terkait license atau duit …. tapi keputusan harus segera diambil, oke karena itu maka kami (team IT) memperbaikinya.

Ilustrasi Gas Turbine

Ilustrasi Gas Turbine

oke saya bagikan resepnya saya ghost (copy sistem image ke hdd lain) sistem nya ke HDD baru menggunakan norton ghost. norton ghost ini saya dapat dari cd hiren 9.7 berikut image nya (iso) https://www.dropbox.com/s/uqwp8t97puouffz/Hiren%27sBootCD9dot7.iso?dl=0

setelah saya copy ke HDD baru ternyata ada file2 yang tidak tercopy dan anda tahu bila program2 khusus itu ada license nya yang terinstal di HDD, tentu pada saat pemasangan dulu vendor gk kan ngansi Serial Number nya kan. kita ghost ternyata masih belum jalan.

oke suspect nya adalah ada file yang ada di bagian bad sector yang tidak tercopy, masalahnya bagaimana mengcopy file yang ada bagian harddisk bad sector ?

HDD regerator… itu lah jawabannya…. berikut link downloadnya https://www.dropbox.com/s/enh45clzhouefla/hdd%20regenerator%202011%20full.rar?dl=0

setelah di regenerator HDD nya baru lah bisa tercopy semua. ghost2 an pertama dan ke 2 telihat size nya lebih besar yang ke 2.

oke mari saya rangkumkan SOP nya. inilah prosedur baku yang kami terapkan terhadap PC kritikal seperti PC2 produksi dan GT yang biasanya ditanggani vendor. ghost kotor sebelum di repair hal ini sebagai tindakan preventif bila kalau kita repair malah jadi tambah rusak. setelah di repair program2 nya maka di ghost lagi sebgagai ghost bersih.

berikut

SOP Recovery PC Kritikal

  1. Buat image sistem C ke drive D menggunakan norton ghost. beri nama PCxx-kotor.gho
  2. copy PCxx-kotor.gho ke HDD lain
  3. repair windows yang ada di HDD asli, uninstall program yang tidak berguna, scan virus. bila program oke dan tidak ada masalah
  4. Buat image sistem C ke drive D menggunakan norton ghost. beri nama PCxx-bersih.gho
  5. copy PCxx-bersih.gho ke HDD lain. simpan sebagai backup
  6. bila menggunakan HDD asli programnya tidak bekerja kemungkinan HDD bad sector maka lakukan HDD Regenerator
  7. scan dan repair HDD asli menggunakan HDD regenerator 2011 link download di atas.
  8. buat image sistem C ke HDD baru beri nama beri nama PCxx-kotor-regenerator.gho. di ghost ke HDD baru dan tidak ke D HDD asli karena kemungkinan kalau disimpan di D sama saja karena HDD asli suspect bad sector.
  9. burn image PCxx-kotor-regenerator.gho ke HDD yang benar2 baru.
  10. lakukan kembali langkah 3-5
  11. copy data D secara manual, tidak perlu dibuat .gho nya. jangan lupa anda harus punya “ghost kotor” dan “ghost clean” sebagai tindakan “preventif” atau anda akan disidang atas kegagalan recovery yang mungkin menimbulkan kerugian miliyaran. dan jangan sampai itu terjadi ^_^.

semoga artikel ini bermanfaat ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s