Jadi penting atau jadi baik

Posted: 6 Maret 2016 in Diskusi

image

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Tulisan ini saya tulis dalam bis perjalanan pulang dari probolinggo. Setelah mengunjungi nenek yg dulu merawat Ibu waktu kecil. Sedang kakek nenek kandung saya sudah meninggal. Kami mengunjungi pak de bari dan om bambang yang sedang sakit. Hanya sehari saja.
Pengen aja nulis mana yg lebih baik. Jadi orang penting atau orang baik. Ada sebuah kalimat yg saya ingat.

Jadi penting itu baik, tapi lebih penting jadi baik

.
Jadi orang penting, punya jabatan kedudukan, dicari banyak orang bukanlah sesuatu yg buruk, dihormati banyak orang ,bagus malahan. Berarti kita dibutuhkan, punya skill dan keahlian yg tidak banyak orang memilikinya. Sehingga kita bervalue lebih dan dicari orang. Hanya saja harusnya tidak

terlanjur jadi orang penting

yang seakan2 dihormati dan gila hormat. Ingin orang lain selalu mengiyakan yg kita inginkan, memikirkan sama persis dengan yg kita pikirkan karena menganggap pikiran kitalah yang benar dan merupakan satu kebenaran mutlak. Menganggap karena penting dan lebih bervalue daripada yg lain sehingga menganggap orang lain tidak penting. Yg ekstrim sudah terlanjur jadi orang penting namun tidak membawa kebaikan untuk sekitar…
Yang kedua…
Lebih penting jadi orang baik. Ya.. orang baik tidaklah selalu merupakan orang2 penting yg lebih bervalue daripada yg lain. Saya temukan orang2 baik ini sebagai orang2 yg sederhana. Nenek saya misalnya. Saya tak perlu menceritakan kebaikan beliau kan… dan banyak orang2 baik disekitar saya. Kamu misalnya…😉 iya kamu yg baca artikel ini siapa lagi ? Aku tahu kamu orang baik, tidak tinggi hati dan lembut.. tidak penting menjadi apa, punya jabatan apa, kekayaan semacam apa yg aku dihatimu kamu ingin berbuat kebaikan buat sesama. Sayangnya saya begitu bodohnya ingin kebaikan itu jadi milik saya. Ah sungguh serakahnya..
Bunga Tulip hanya bisa tumbuh di tanah yg memungkinkan dia tumbuh kan. Di iklim yg memang merupakan habitatnya….
Ah… yg penting tetaplah seperti itu…  tebarkan kebaikan…. siapa tahu nanti kita bertemu….
#ngigau dikit
Mau sampai terminal probolinggo..
Udah ya…
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

