Adab jika terkena masalah

Posted: 11 Juni 2016 in Diskusi

Hmm ini hasil dari sowan ke Ustadz Diny guru PKPBA saya waktu sowan dulu.
Jadi adabnya bila diberi kenikmatan kemudahan kita nisbahkan karena Rahman Rahiim nya Allah. Karena kasih sayang Nya harus kita syukuri.
Namun bila terkena masalah misal sakit opname, atau yg lain adabnya adalah instropeksi diri , merenung kesalahan diri sendiri sehingga terkena masalah tersebut. Bukannya menyalahkan Allah kenapa saya dikasi gini, kenapa dikasi masalah. Adab ini penting karena kita sebagai hamba hanya bisa mengharap ridhoNya… kalau dapat kenikmatan tapi Gusti Allah tidak ridha gimana ? Kita bisa jadi lalai , menganggap diri hebat dan memang pantas mendapatkannya. Sebaliknya kena masalah kita menyalahkan Allah. Kan sangat kurang ajar sekali itu. Dapat masalah sakit misalnya tidak instropeksi atau beristighfar tapi malah menyalahakn Allah.

Kata teman saya Hudan 3 tiga sebab kita diberi cobaan. Dan yg tahu diri kita sendiri

1. Kita sudah baik namun Allah ingin kita lebih baik dan dekat dengan diriNya. Sehingga diberi sakit atau ujian agar semakin mengingat Allah. Ujian ini agar kita naik kelas dan lebih dekat dengan Allah

2. Di peringatkan. Kita melakukan kesalahan yg tidak kita sadari ataupun sadar tapi tidak peduli. Sehingga Allah memberikan peringatan berupa sakit atau masalah sehingga kita kembali mengingatNya. Agak melenceng dari jalur yg seharusnya namun tidak terlalu jauh

3. Di laknat. Semoga kita terhindar dari hal tersebut. Kita melenceng terlalu jauh dan lalai. Akhirnya Allah memberikan azab sebagai balasan atas kesesatan yang kita lakukan.

Semoga sakit atau masalah yang kita hadapi semakin mendekatkan diri kita kepada Allah. Ingat Allah terus karena Allah yang paling utama. Jika bukan karena kasih sayangNya kita gk kan bisa seperti ini skrg. Selalu bersyukur. Ujian itu hanya karena kasih sayang Allah supaya kita semakin mendekat. Jangan malah menyalahkan Allah.

Demikian sedikit pelajaran semoga bisa diambil hikmahnya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s