Partaiisme dan organisasiisme

Posted: 12 Juni 2016 in Diskusi

Hmmm entah apa kedua istilah diatas benar2 ada atau hanya bikinan saya. Partaiisme dalam definisi saya adalah berpegang pada partai , kecenderungan terhadap partai. Saya agak tidak setuju dengan hal ini. Kalau partai sudah bilang yg benar A maka seluruh kader partai mengaminkan tanpa menggunakan akalnya untuk mencari kebenarannya dahulu. Saya tidak bermaksud menyinggung tapi sedikit sedih ketika teman saya mengagung2 kan partainya. Mungkin hanya perasaan saya saja ya ? Ketika vonis karena kasus korupsi di berikan dibilang pengadilannya disogok. Saya bilang bisa buktikan ? Dia diam. Tahu Pak Artidjo Alkosar ? Setahu saya beliau hakim kredibel… trackrecordnya terbukti. Lalu mengapa tidak menggunakan akalnya untuk mengakui bahwa kader partai yg divonis memang khilaf dan bersalah dan bukannya membela mati2 an ?
Kita jadi lupa kebenaran harus bernilai benar dimanapun dia berada, kapanpun, dan dalam kondisi apapun. Jangan karena separtai maka kita melupakan akal sehat kita. Bukankah Allah sudah menganugerahkan kita akal. Bukankah ada jargon jangan taqlid buta.
Sama dengan organisasisme. Organisasi hanyalah wadah, bentuk, padatan. Tapi perilaku kita harus cair. Pada dasarnya organisasi memiliki tujuan baik, tapi jangan taqlid juga apa kata organisasi. Gunakan akal sehat.
Saya di organisasi LDK Lembaga Dakwah Kampus, teman saya hudan di IMM Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sekalipun culture keluarga dia NU. Tak masalah bagi kami. Toh nanti ada persinggungan politik mengenai jabatan di kampus itu soal lain.🙂
Yg penting gunakan akal sehat dan hati nurani

Tinggalkan Balasan

