Kita adalah cinta yang berjihad melawan trauma

Posted: 12 Juli 2016 in Diskusi

Cinta Sahabat

Cinta Sahabat

Kita adalah cinta yang berjihad melawan trauma – Sebotol Hujan untuk Sapardi.
Cerpen Pilihan Kompas 2015
Joko Pinurbo

hmm saya ingin sedikit membuat tulisan mengenai ini, bagus sekali kan diksinya. Kita adalah cinta yang berjihad melawan trauma. Siapa yang tidak pernah mengalami trauma ? trauma masa kecil mungkin yang sampai dewasa tetap menjadi hal yang menakutkan. Saya trauma terhadap isi laci, karena dulu waktu membua laci lemari di rumah kakek mengeluarkan bunyi aneh, semacam kayak ada hantunya. sejak saat itu saya takut membuka laci. Mungkin kamu juga mengalami trauma masa kecil ? bertengkar dengan kakak yang hingga saat ini masih menyimpan dendam kemudian menumpahkan ke siapapun yang serupa dengan kakak. atau trauma terhadap naik motor dan kecelakaan kemudian tidak mau naik motor lagi. kalau usia matang mungkin trauma dengan pacar. dengan masalah apapun.

Misal, bertengkar dengan kakak atau saudara yang hingga sampai besar masih teringat masa lalu. rebutan mainan atau dimarah2in. Kamu menyimpan dendam kecil sehingga saat besar masih menyimpannya dan menumpahkannya pada orang lain. Di dalam darah kita dan kakak mengalir darah yang sama, darah orang tua kita. sebagai seorang kakak saya juga menyesal mengapa waktu kami masih anak2 dulu suka sekali bertengkar, rebutan roti, mainan, nitendo. dan lain sebagainya. Bagaimanapun kakak atau adik adalah saudara kita, kamu tak boleh menyimpan dendam kepada mereka. Kamu boleh membenci orang lain tapi tidak boleh membenci saudaramu. Kamu telah terlalu banyak disakiti dan tak mampu melepaskannya sehingga jadi trauma dan menganggap orang lain sama. Memaafkan… bila kamu tak mudah memaafkan, belajarlah kepada ibumu. nanti hatimu akan seluas lapangan bola ^_^

Cinta… masih ingatkah bahwa cinta itu merupakan kata kerja ? cinta adalah sebuah perjuagan, perjuangan dapat berupa apapun. melawan benci atau melawan trauma masa lalu. trauma yang disebabkan oleh teman misalnya, kenangan yang buruk dengan teman atau yang sekadar hanya kenalan jangan disimpan di hati, biarkan itu menjadi pelajaran. yang penting harus diperbaiki. Tak apa jangan menoleh kebelakang, bergeraklah maju kedepan. Semoga menemukan apa yang kamu cari. tapi jika yang kamu cari tidak ada, mungkin masih ada trauma yang belum kamu sembuhkan.

sekian, tulisan ini tidak menyinggung siapapun. hanya masalah seperti ini sudah umum terjadi kan…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s