Koleris : Bagaimana “mengajak” orang lain ^_^

Posted: 11 September 2016 in kegiatan

oke saya mau cerita. entah kapan saya menyadari sifat saya adalah koleris dan bagi beberapa orang sangat menyebalkan🙂 tapi saya gk punya niat jahat kok cik, tapi kan tiap orang / sifat dasar memang memiliki kelebihan dan kekurangan he he .. bagi yang belum tahu sifat ini berikut ya.

 

-Koleris, si Kuat-

 

masuk ke bagian terakhir nih, kita bahas si kuat, orang tipe ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang, dia nggak mau ada orang berdiam diri saja sementara dia sibuk kerja/beraktivitas. orang korelis suka akan tantangan, sang suka berpetualang, mereka juga tegas. tak heran banyak dari usahanya yang sukses karna memang sifatnya yang juga pantang menyerah dan juga mengalah.

sisi negatifnya, mereka orang yang tidak sabaran, segalanya harus cepat karna memang sifat keproduktivitasnya yang tinggi. mereka juga gampang sekali marah, dan suka berprilaku kasar. jadi kalau nemu temen kerjanya uring uringan, suka berkata kasar dan gampang marah, dialah Koleris.

mereka juga suka akan kontoversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan dengan plegmatis yang cinta damai. sifat mereka juga kurang bersimpatin dengan sesama suka memanipulasi orang lain dan memperalat orang lain dan juga kalau salah, susah banget meminta maaf.

Orang koleris sedikit mirip dengan sanguis mereka gampang bergaul dan optimistis. mereka juga bisa berkomunikasi dengn baik dan terbuka dengan orang lain, hmm tipe orang seperti ini cocok sebagai pemimpin

dari keempat sifat manusia diatas, dapat kita menarik kesimpulan bahwa:

KOLERIS

KEKUATAN:

 

* Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif

* Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan

* Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target

* Bebas dan mandiri

* Berani menghadapi tantangan dan masalah

* “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”.

* Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat

* Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas

* Membuat dan menentukan tujuan

* Terdorong oleh tantangan dan tantangan

* Tidak begitu perlu teman

* Mau memimpin dan mengorganisasi

* Biasanya benar dan punya visi ke depan

* Unggul dalam keadaan darurat

 

KELEMAHAN:

* Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)

* Senang memerintah

* Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai

* Menyukai kontroversi dan pertengkaran

* Terlalu kaku dan kuat/ keras

* Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik

* Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci

* Sering membuat keputusan tergesa-gesa

* Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain

* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan

* Workaholics (kerja adalah “tuhan”-nya)

* Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf

* Mungkin selalu benar tetapi tidak populer

 

jadi kemarin kita ber 4 ke pameran malang outdoor di sasana krida sukarno hatta. saya, rahmat, andika, dan okta pacarnya rahmat. rencananya udah jauh2 hari, saya berhasrat sekali untuk membeli tenda. saya ajak teman2 untuk urunan, ya kan memang untuk bersama, jadi masak yang beli 1 orang he he… semua rencana mereka hanya lihat2 dlu, karena memang kami semua pengeluaran bulan ini sedang bayak. duit saya saja entah sampai apa tidak ini sampai gajian selanjutnya he he.

oh ya ada music performance… lagu ini…

Falling in love with you

A video posted by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

dan beginilah suasana ramainya

Malang outdoor . Rame bgt. Ini buat yg blum bisa kesini yak

A video posted by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

ya… setelah muter2 ketemu 2 booth tenda, consina dan great outdoor. yang semula teman2 agak “keberatan” untuk urunan karena dianggap wah mahal dan juga jarang naik gunung tapi karena saya “membujuk” mereka untuk beli ( memenuhi keinginan saya, red. ) akhirnya mereka mau he he… dan roni pun meski gk pernah naik dengan kita ikut urunan. kalau saya seperti gas, andika ikut aja, rahmat adalah remnya. yang memberikan waktu lebih untuk memutuskan agar tidak tergesa2. kombinasi yang bagus kan. setelah deal akan urunan beli tenda. di rem dlu. sek lihat both consina. gpp lebih mahal tapi kualitas lebih bagus begitu pendapat rahmat. namun karena saya yakinkan bahwa great outdoor ini juga bagus dan pernah saya pakai ke gunung butak dan harganya murah Rp 415 rb maka saya yakinkan untuk beli ini saja. murah, ringan, dimensi packingnya pendek. dan deal kita beli.dan kata rahmat di akhir setelah lihat tenda jadi ini katanya lumayan.

tenda Great Outdoor Camp 4

tenda Great Outdoor Camp 4

 

tapi inti ceritanya sih….

entah mengapa sifat saya koleris, kadang saya memaksakan ide2 saya ke teman2 yang menurut saya hemat saya adalah pilihan dan keputusan terbaik. meskipun belum tentu itu benar. sok jadi pemberi perintah… duh… jelek kan sifat ini.

Management adalah melakukan sesuatu melalui orang lain…

saya mau minta maaf kepada orang2 yang dlu pernah saya minta “bantuan” untuk melakukan sesuatu yang saya inginkan ( saya peralat mungkin begitu maksud uchi ) . hei tapi dalam case pembelian tenda diatas kan memang untuk kebaikan bersama. namun untuk hal2 yang mungkin membuat teman2 yang lain merasa “tidak nyaman” dengan tidakan saya untuk “spionase” ya saya minta maaf, kan sifat dasar manusia itu suka kepo he he he….  semoga baik2 saja disana. kalau ke Jawa mampir, nyobain tenda baru ini yuk.

Tinggalkan Balasan

