Tanggung Jawab Moral

Posted: 5 Oktober 2016 in Diskusi

 

saya pengen nulis lagi. lanjutan dari tulisan ini https://tarecha.wordpress.com/2015/06/14/setiap-orang-punya-tanggung-jawab-sosial/

tentu tanggung jawab moral itu bukan cuman dalam arti sempit sedekah ke orang lain misal, tapi ada banyak hal yang mestinya menjadi tanggungjawab kita ketika kita dianugerahi kelebihan oleh Allah, katakan kecerdasan, kesehatan, kemampuan, keuangan, waktu, dan lain sebagainya.

ada sebuah quote,

Great man come with their responsibility

tanggungjawab moral muncul dari diri sendiri, dari dalam, bukan sesuatu yang artifisial dibuat2. sesuatu yang membuat kita merasa bertanggungjawab atas sesuatu yang mampu Anda bantu. Misal ada orang lapar di depan rumah Anda, anda tidak memberinya makan Anda tidak akan dituntut menggunakan KUHP karena tidak memberi dia makan, namun bila Anda merasa mampu untuk membantu maka disanalah tanggungjawab moral muncul. oke jangan contoh jauh-jauh misal ada memiliki kelebihan kecerdasan dan kemampuan dalam kuliah, maka tanggung jawab moral untuk membantu teman yang kesulitan tentu dengan tidak dengan transaksi meminta “imbalan” misalnya minta ngedate ( anak muda banget nih ). ada teman belum bekerja lalu ngasi2 info soal lowongan meski dia tidak memintanya untuk bisa membantu karena anda memiliki kelebihan informasi itu merupakan tanggung jawab moral, jangan tidak peduli dengan teman sekitar, pokok udah kerja, udah penghasilan, ada temannya kesusahan diam saja. kamu memikirkan temanmu yang mungkin bahkan membencimu karena merasa memiliki tanggungjawab moral, terus kamu memintaku harus gimana ? maksud tersembunyi ? ayolah…. udah gak jaman.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s