Arsip untuk November, 2016

Rihlah LDK 2016

Posted: 21 November 2016 in Diskusi, kegiatan

Pasuruan, 21 November 2016

Pagi hari setelah meeting pagi.

Saya mau nulis dan mendokumentasikan yang kemarin. jadi kemarin diajak dek ade untuk rihlah LDK 2016. lumayan. tapi kepantai lagi. sepertinya sudah bosan dengan pantai ini. kemana2 ke pantai, pengennya gunuuuung :-). dokumentasinya dikit aja deh yang di upload. saya ingin menuliskan apa yang saya pikirkan.

Jadi secara jumlah banyak anggota baru LDK, beberapa ada yang bercadar. Memang di AD/ART nya LDK adalah organisasi independen. dan yang dari dulu kami bangun adalah LDK menjadi wadah pemersatu untuk berbagai macam pemikiran dan kecenderungan. saya diminta untuk mengisi sedikit tausiah. tau sendiri saya gk bisa ceramah kayak ustadz2 gitu. tapi yang saya kemukakan adalah saya bangga LDK menjadi lebih berwarna, saya ceritakan dulu bahwa LDK itu sebagai muwahid pemersatu, saya katakan ada anggota ikut LDK juga ikut HMI, gk masalah. ada yang ikut PMII dan jadi anggota LDK baik sekali. semakin banyak pemikiran, semakin banyak warna akan semakin baik. saya secara pribadi ingin menjadikan LDK sebagai wadah pemersatu berbagai macam aliran pemikiran, meski mau tidak mau harus diakui LDK dekat dengan KAMMI namun harus ditegaskan bahwa LDK adalah organisasi independen dan juga pemikiran transnasionalnya ex. Ikhwanul Muslimin, sedikit2 agak salafi ( yang agak dikenal sebagai wahabi istilah yang biasa digunakan temen2 yang di luar he he) secara personal orang2 nya namun kalau ada apa2 yang berbau terlalu “kanan” maka jadi tugas saya untuk menyeimbangkannya.  dengan apa ? ingat di beberapa tulisan saya soal sahli ? ya dia teman saya beradu argumen yang dulu sangat pro pada Lutfi Hasan Ishaq namun saya mentahkan he he. sekarang dia gk mau bahas politik kalau ngobrol sama saya.  udah gk mau ngurusin politik, ya itu argumen yang dia kemukakan ketika saya tanyakan singa DPR nya dipecat partai kok gk mau nurutin perintah partai. ya ini realita. saya lihat eko pun juga demikian…. mereka udah dewasa dan udah menemui dunia relalita… selamat… 🙂 tinggal kamu uchi…. kalau udah nyadar kirim kartu pos yak….

saya kemukakan juga soal piagam madinah waktu di pantai itu. silahkan cari2 artikel soal piagam madinah. konstitusi pertama di dunia… katanya sih begitu.

bisa dilihat di bagian akhir artikel ini. di pasal 1. Sesungguhnya mereka satu umat, lain dari (komunitas) manusia yang lain. kata “mereka” tidak digunakan untuk merujuk pada kaum muslimin di madinah saja waktu itu, namun juga orang musyrik, orang yahudi, yang nasrani, dll yang waktu itu ada di madinah disebut satu umat. bersama2 menjadi satu umat di madinah. piagam madinah seharusnya bisa menjadi contoh agar kita bisa hidup bersama dengan nyaman dengan yang berbeda keyakinan dengan kita.

jadi semagat itulah yang ingin saya bawa di LDK, waktu itu.. he he … LDK bisa menjadi rumah dari berbagai macam perbedaan… dalam lingkup kecil… perbedaan pemikiran yang ada di UIN… LDK sebagai lem perekat… pemersatu.. muwahid… kira2 begitu..

mereka masih muda, dan semoga belajar menjadi “manusia” dan “memanusiakan manusia” dahulu sebelum mempelajari yang lain 🙂

Pantai Ngudel

Pantai Ngudel

Landscape Pantai Ngudel

Landscape Pantai Ngudel – Klik untuk perbesar

adek2 LDK

adek2 LDK

Depan Karang

Depan Karang

 

piagammadinahjpeg-jpgoriginal

 


Puncak Pengangungan background Arjuna Welirang

Puncak Pengangungan background Arjuna Welirang — Cemara Angin the landscapers..

Saya mau nulis banyak banget, namun karena sudah sore mungkin saya tulis dikit-dikit dan saya save draf. ada banyak sekali foto dan cerita nih.

Peta Pendakian Gunung Penanggungan

Peta Pendakian Gunung Penanggungan

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo sumber peta dapat dari petugas pos pendakian

Awalnya diawali dengan diskusi di bbm untuk mendaki, temen2 gk ada yang bisa roni andika. yang bisa cman saya dan rahmat. oke kita cari tambahan. rista temen kita satu angkatan syndicate 15 di smk telkom ikut. ditemenin temennya dlu kerja di sby. mbak rani. oke. singkat cerita kita berangkat agak siang jam 10 motor an. sesampainya disana langsung daftar di pos pendakian dan saya bincang2 dengan yang jaga dan dikasi peta diatas. dia minta tolong agar ditaruh di internet agar banyak yang tahu karena sebelumnya ada yang tersesat. iya sih, kita pulangnya juga tersesat lalu jalan memutar he he . kita beli tiket dan masuk ke pemandian candi jolotundo… petugasnya bingung tiket apa yang kami pegang.. kami bilang ke penanggungan, eh ternyata salah jalan.. jalannya ada di samping pintu masuk pemandian. wah baru mau mulai aja sudah salah jalan. oh ya ambil jalur utama yang ada garis panahnya ya. dari no 1 ke no 6 nyebrang dikit ke no 9. untuk yang gk kuat direkomendasikan ngecamp di candi lurah. tempatnya cukup luas.

Pendakian Penanggungan

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

Posisi Start

Posisi Start

Setelah beberapa saat jalan kita nemukan ini. kira-kira disinilah posisi kita. kalau tinggi penanggungan +- 1600 mdpl dan posisi +- 650 mdpl kira2 kita mendaki 1 km an. beda dengan gunung panderman yang ketinggian 2000 mdpl namun di pos terakhir sudah ketinggian 1400 mdpl. karena itulah pendakiannya agak lama.

siap jalan

siap jalan

baru jalan sudah istirahat

baru jalan sudah istirahat

ya jadi karena saya yang bawa kamera jadi saya yang gk ada di foto ha ha . tapi nanti foto saya yang paling banyak kok. ini baru jalan sebentar udah istirahat he he … having fun kok. udah saya cerita di sini aja. gk di tiap bagian foto ya. jadi di gunung penanggungan kita bisa napak tilas sejarah nenek moyang, ada dua makam di sini . satu di candi shinta, makamnya ada mawar merah. saya tidak menemukan literatur mengenai siapa yang dimakamkan disini, sepertinya putri bangsawan . makam ini lama. dan satu lagi di puncak penangggunagn. dibangun menggunakan semen. ada banyak candi disini. banyak juga batu2 semacam kayak piring besar. di foto terakhir ada.

cerita selama perjalanan seru banget kok. rista nih kentut kayak buto ijo ( raksasa hijau) saya udah bilang kalau cewek itu kalau kentut harus anggun… tiiiittt cuiiittt tiiiit… sedikit ditahan… bukannya braaaattt brooottt kayak buto ijo… dia malu klo tak tulis di blog. biarin… nanti pas kakek nenek juga ketawa2 inget ini. ini bukan aib… ini kenangan saya he he …. kita… syndicate 15 .. angkatan 15 smk telkom. yang nanjak cman ber3. mbak rani gk ikut dan tinggal di tenda candi lurah karena kecapekan… dari puncak ke candi lurah 2 jam. dari candi lurah ke bawah 3 jam pakai acara nyasar. untung saja ketemu orang dan bisa kembali ke jalan yang benar. perjalanan yang takkan terlupakan. rista, rahmat, rani… eh R semua yak. seandainya anak pulu karang naik gunung … apakah dia kuat ? setahuku dia tak pernah mencapai puncak gunung… gunung bromo pun tidak… padahal ada tangga… padahal saya sudah mengajaknya… dia menyerah kelelahan…

Soal sejarah… seseorang yang tidak tahu masa lalunya adalah orang yang kehilangan jatidirinya… jati diri sebagai pribadi… kalau ditarik lagi jati diri sebagai sebuah bangsa, kita adalah bangsa yang besar. kebudayaan kita tidak kalah dengan kebudayaan bangsa lain. seandainya sahabat saya uchi yang anak biak bisa ikut, pasti dia senang sekali. dia bisa mengenal leluhurnya, mencari tahu siapa yang dimakamkan di candi shinta, bagaimana bisa ada makam di puncak gunung, apa fungsi candi gentong di gunung ? iya ada candi mirip gentong. mengapa hutan di gunung penanggungan tidak selebat hutan di gunung – gunung lain ? mengapa, siapa, bagaimana, kapan, dimana semua kebudayan leluhur kita yang tertinggal dan diwariskan kepada kita anak cucunya. bagaimana mereka bisa bikin candi, betapa hebat kesabaran mereka, ada 4 gb foto. tapi tidak saya upload semua. pakai dslr he he. nanti rencana beli tripod mini 🙂

ah entahlah…. pemuda sekarang kalau tidak kanan ekstrim atau jadi alay. dalam hal ini soal sejarah bangsa. dianggap kalau kebudayaan hindu budha zaman dahulu maka sudah pasti syirik dan kalau mempelajarinya dosa karena bukan bagian dari Islam dan di Islam gak ada Candi, atau yang alay suka kebudayaan bangsa lain dan kehilangan kebudayaan bangsanya sendiri.,,, ke barat-baratan, atau ke korea – koreaan ( K-POP).

 

 

pesawat

pesawat

eh ada pesawat lewat. emang letaknya ini dilewati pesawat. kan di sebelah timur penanggungan ada bandara juanda.

????????????????????????????????????

landscape

????????????????????????????????????

jalan

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

??? candi bayi pertama

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

Candi Gentong

????????????????????????????????????

Makam di Candhi SHinta

????????????????????????????????????

makam di candi shinta

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

candi lurah

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????