Pendakian Gunung Penanggungan dan Napak Tilas Sejarah Nenek Moyang

Posted: 8 November 2016 in kegiatan

Puncak Pengangungan background Arjuna Welirang

Puncak Pengangungan background Arjuna Welirang — Cemara Angin the landscapers..

Saya mau nulis banyak banget, namun karena sudah sore mungkin saya tulis dikit-dikit dan saya save draf. ada banyak sekali foto dan cerita nih.

Peta Pendakian Gunung Penanggungan

Peta Pendakian Gunung Penanggungan

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo sumber peta dapat dari petugas pos pendakian

Awalnya diawali dengan diskusi di bbm untuk mendaki, temen2 gk ada yang bisa roni andika. yang bisa cman saya dan rahmat. oke kita cari tambahan. rista temen kita satu angkatan syndicate 15 di smk telkom ikut. ditemenin temennya dlu kerja di sby. mbak rani. oke. singkat cerita kita berangkat agak siang jam 10 motor an. sesampainya disana langsung daftar di pos pendakian dan saya bincang2 dengan yang jaga dan dikasi peta diatas. dia minta tolong agar ditaruh di internet agar banyak yang tahu karena sebelumnya ada yang tersesat. iya sih, kita pulangnya juga tersesat lalu jalan memutar he he . kita beli tiket dan masuk ke pemandian candi jolotundo… petugasnya bingung tiket apa yang kami pegang.. kami bilang ke penanggungan, eh ternyata salah jalan.. jalannya ada di samping pintu masuk pemandian. wah baru mau mulai aja sudah salah jalan. oh ya ambil jalur utama yang ada garis panahnya ya. dari no 1 ke no 6 nyebrang dikit ke no 9. untuk yang gk kuat direkomendasikan ngecamp di candi lurah. tempatnya cukup luas.

Pendakian Penanggungan

A video posted by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

Posisi Start

Posisi Start

Setelah beberapa saat jalan kita nemukan ini. kira-kira disinilah posisi kita. kalau tinggi penanggungan +- 1600 mdpl dan posisi +- 650 mdpl kira2 kita mendaki 1 km an. beda dengan gunung panderman yang ketinggian 2000 mdpl namun di pos terakhir sudah ketinggian 1400 mdpl. karena itulah pendakiannya agak lama.

siap jalan

siap jalan

baru jalan sudah istirahat

baru jalan sudah istirahat

ya jadi karena saya yang bawa kamera jadi saya yang gk ada di foto ha ha . tapi nanti foto saya yang paling banyak kok. ini baru jalan sebentar udah istirahat he he … having fun kok. udah saya cerita di sini aja. gk di tiap bagian foto ya. jadi di gunung penanggungan kita bisa napak tilas sejarah nenek moyang, ada dua makam di sini . satu di candi shinta, makamnya ada mawar merah. saya tidak menemukan literatur mengenai siapa yang dimakamkan disini, sepertinya putri bangsawan . makam ini lama. dan satu lagi di puncak penangggunagn. dibangun menggunakan semen. ada banyak candi disini. banyak juga batu2 semacam kayak piring besar. di foto terakhir ada.

cerita selama perjalanan seru banget kok. rista nih kentut kayak buto ijo ( raksasa hijau) saya udah bilang kalau cewek itu kalau kentut harus anggun… tiiiittt cuiiittt tiiiit… sedikit ditahan… bukannya braaaattt brooottt kayak buto ijo… dia malu klo tak tulis di blog. biarin… nanti pas kakek nenek juga ketawa2 inget ini. ini bukan aib… ini kenangan saya he he …. kita… syndicate 15 .. angkatan 15 smk telkom. yang nanjak cman ber3. mbak rani gk ikut dan tinggal di tenda candi lurah karena kecapekan… dari puncak ke candi lurah 2 jam. dari candi lurah ke bawah 3 jam pakai acara nyasar. untung saja ketemu orang dan bisa kembali ke jalan yang benar. perjalanan yang takkan terlupakan. rista, rahmat, rani… eh R semua yak. seandainya anak pulu karang naik gunung … apakah dia kuat ? setahuku dia tak pernah mencapai puncak gunung… gunung bromo pun tidak… padahal ada tangga… padahal saya sudah mengajaknya… dia menyerah kelelahan…

Soal sejarah… seseorang yang tidak tahu masa lalunya adalah orang yang kehilangan jatidirinya… jati diri sebagai pribadi… kalau ditarik lagi jati diri sebagai sebuah bangsa, kita adalah bangsa yang besar. kebudayaan kita tidak kalah dengan kebudayaan bangsa lain. seandainya sahabat saya uchi yang anak biak bisa ikut, pasti dia senang sekali. dia bisa mengenal leluhurnya, mencari tahu siapa yang dimakamkan di candi shinta, bagaimana bisa ada makam di puncak gunung, apa fungsi candi gentong di gunung ? iya ada candi mirip gentong. mengapa hutan di gunung penanggungan tidak selebat hutan di gunung – gunung lain ? mengapa, siapa, bagaimana, kapan, dimana semua kebudayan leluhur kita yang tertinggal dan diwariskan kepada kita anak cucunya. bagaimana mereka bisa bikin candi, betapa hebat kesabaran mereka, ada 4 gb foto. tapi tidak saya upload semua. pakai dslr he he. nanti rencana beli tripod mini🙂

ah entahlah…. pemuda sekarang kalau tidak kanan ekstrim atau jadi alay. dalam hal ini soal sejarah bangsa. dianggap kalau kebudayaan hindu budha zaman dahulu maka sudah pasti syirik dan kalau mempelajarinya dosa karena bukan bagian dari Islam dan di Islam gak ada Candi, atau yang alay suka kebudayaan bangsa lain dan kehilangan kebudayaan bangsanya sendiri.,,, ke barat-baratan, atau ke korea – koreaan ( K-POP).

 

 

pesawat

pesawat

eh ada pesawat lewat. emang letaknya ini dilewati pesawat. kan di sebelah timur penanggungan ada bandara juanda.

????????????????????????????????????

landscape

????????????????????????????????????

jalan

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

??? candi bayi pertama

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

Candi Gentong

????????????????????????????????????

Makam di Candhi SHinta

????????????????????????????????????

makam di candi shinta

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

candi lurah

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s