Low Cost and resource Virtual Machine Environment

Posted: 25 Desember 2016 in networking

VMWare Player free

VMWare Player free

Judulnya agak sulit yak. teknis banget. tapi eman kalau tidak didokumentasikan. jadi idenya kemarin saya kolaborasi dengan Teknisi Iwai dari Jepang. Mr. Amakawa. sayang gk foto bareng. soalnya dalam area produksi gak boleh foto. saya copy semua backup menggunakan acronis true image ( makanan apa lagi ini). saya lihat beliau menggunakan program batch untuk menjalankan backup yang saya yakin ( saya tidak lihat file / programnya) konsepnya hanya copy file saja menggunakan .bat dan untuk menjalankannya menggunakan task scheduler windows. mengenai task scheduler ini sudah saya bahas mengenai auto restart di https://tarecha.wordpress.com/2016/09/20/automatic-restart-service-windows-server-2008-study-case-print-server/

ok yang saya buat percobaan project saya di https://tarecha.wordpress.com/2016/12/17/week-end-project-menghidupkan-lagi-skripsi-visualisasi-3d/

saya menggunakan vmplayer yang free untuk non komersil ya. saya gunakan untuk menghidupkan skripsi saya menggunganan server virtual. kelebihan virtual kita bisa backup 1 sistem windowsnya, dan kalau kenapa2 bisa dibalikin sama persis. jadi gk perlu setting2 ulang. VM player hanya untuk virtualisasinya, ini sudah running well, namun bagaimanakah cara membackupnya ? saya barusan nemu ini tapi belum dicoba https://www.veeam.com/virtual-machine-backup-solution-free-download.html#_=_ apakah bisa berjalan sama vmware player yang free ini.

saya coba solusi

  1. copy folder vm ware yang sedang running
  2. jalankan schedule untuk copy
  3. dan di open

dan ini berhasil jalan.

oke ini dokumentasinya

  1. .bat untuk copy folder VM ware.bat untuk copy folder VM ware

    jadi kita buat 1 file .bat menjalankan perintah copy. dan argumen /Y ini over write existing file. misal bisa dikembangkan setiap copy ada nama folder berdasarkan tanggal gitu bisa saja kok. jadi ada banyak backup. sementara 1 folder saja dlu. karena yang dibackup >10 Gega.

  2. Buat sebuah task seperti berikut. untuk lebih jelasnya bisa membuka artikel soal task sheduler di https://tarecha.wordpress.com/2016/09/20/automatic-restart-service-windows-server-2008-study-case-print-server/
Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

 

coba tasknya di running. apa jalan di folder tersebut ada copyan VM yang sedang running. jadi meski sedang running vm nya bisa dicopy.

copy berhasil

copy berhasil

3. buka VWware player dan open VM

open vm yang sudah di copy backup

open vm yang sudah di copy backup

Klik kanan Setting dan ubah nama VM agar beda dgn yang asli

Klik kanan Setting dan ubah nama VM agar beda dgn yang asli

 

setelah itu jalankan VM. kemudian ada pilihan VM ini hasil move atau hasil copy ? klik copy saja.

 

kesimpulan

dengan metode ini kita bisa punya VM yang jalan di komputer low resource. PC saya hanya AMD Phenom X2 555 dan memory 7 gb. hddnya 2 tera. bisa menjalankan VM dengan baik kemudian bisa terbackup secara otomatis. cara yang mudah kan ? kalau mau menggunakan veeam backup monggo dicoba. tapi harus install dlu ya. pasti copy nya lebih kompleks karena bisa membackup yang hanya berubah saja (saya baca deskripsinya). tapi kalau untuk hanya butuh backup terakhir saja ( misal di backup tiap minggu) ini sudah cukup. oh ya ini solusi buat belajar ya buat week end project, kalau untuk industri jangan pakai cara ini lah. modal dikit beli VMWare yang paid dan Veeam backupnya.

semoga bermanfaat

Filsafat Jawa

Urip iku urup ==> Hidup itu menyala

Tinggalkan Balasan

