Archive for the ‘networking’ Category


VMWare Player free

VMWare Player free

Judulnya agak sulit yak. teknis banget. tapi eman kalau tidak didokumentasikan. jadi idenya kemarin saya kolaborasi dengan Teknisi Iwai dari Jepang. Mr. Amakawa. sayang gk foto bareng. soalnya dalam area produksi gak boleh foto. saya copy semua backup menggunakan acronis true image ( makanan apa lagi ini). saya lihat beliau menggunakan program batch untuk menjalankan backup yang saya yakin ( saya tidak lihat file / programnya) konsepnya hanya copy file saja menggunakan .bat dan untuk menjalankannya menggunakan task scheduler windows. mengenai task scheduler ini sudah saya bahas mengenai auto restart di https://tarecha.wordpress.com/2016/09/20/automatic-restart-service-windows-server-2008-study-case-print-server/

ok yang saya buat percobaan project saya di https://tarecha.wordpress.com/2016/12/17/week-end-project-menghidupkan-lagi-skripsi-visualisasi-3d/

saya menggunakan vmplayer yang free untuk non komersil ya. saya gunakan untuk menghidupkan skripsi saya menggunganan server virtual. kelebihan virtual kita bisa backup 1 sistem windowsnya, dan kalau kenapa2 bisa dibalikin sama persis. jadi gk perlu setting2 ulang. VM player hanya untuk virtualisasinya, ini sudah running well, namun bagaimanakah cara membackupnya ? saya barusan nemu ini tapi belum dicoba https://www.veeam.com/virtual-machine-backup-solution-free-download.html#_=_ apakah bisa berjalan sama vmware player yang free ini.

saya coba solusi

  1. copy folder vm ware yang sedang running
  2. jalankan schedule untuk copy
  3. dan di open

dan ini berhasil jalan.

oke ini dokumentasinya

  1. .bat untuk copy folder VM ware.bat untuk copy folder VM ware

    jadi kita buat 1 file .bat menjalankan perintah copy. dan argumen /Y ini over write existing file. misal bisa dikembangkan setiap copy ada nama folder berdasarkan tanggal gitu bisa saja kok. jadi ada banyak backup. sementara 1 folder saja dlu. karena yang dibackup >10 Gega.

  2. Buat sebuah task seperti berikut. untuk lebih jelasnya bisa membuka artikel soal task sheduler di https://tarecha.wordpress.com/2016/09/20/automatic-restart-service-windows-server-2008-study-case-print-server/
Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

Buat sebuah task seperti berikut

 

coba tasknya di running. apa jalan di folder tersebut ada copyan VM yang sedang running. jadi meski sedang running vm nya bisa dicopy.

copy berhasil

copy berhasil

3. buka VWware player dan open VM

open vm yang sudah di copy backup

open vm yang sudah di copy backup

Klik kanan Setting dan ubah nama VM agar beda dgn yang asli

Klik kanan Setting dan ubah nama VM agar beda dgn yang asli

 

setelah itu jalankan VM. kemudian ada pilihan VM ini hasil move atau hasil copy ? klik copy saja.

 

kesimpulan

dengan metode ini kita bisa punya VM yang jalan di komputer low resource. PC saya hanya AMD Phenom X2 555 dan memory 7 gb. hddnya 2 tera. bisa menjalankan VM dengan baik kemudian bisa terbackup secara otomatis. cara yang mudah kan ? kalau mau menggunakan veeam backup monggo dicoba. tapi harus install dlu ya. pasti copy nya lebih kompleks karena bisa membackup yang hanya berubah saja (saya baca deskripsinya). tapi kalau untuk hanya butuh backup terakhir saja ( misal di backup tiap minggu) ini sudah cukup. oh ya ini solusi buat belajar ya buat week end project, kalau untuk industri jangan pakai cara ini lah. modal dikit beli VMWare yang paid dan Veeam backupnya.

semoga bermanfaat

Filsafat Jawa

Urip iku urup ==> Hidup itu menyala

Iklan

Bug di jaringan Indihome

Posted: 9 Desember 2016 in networking

saya bukan hacker yak… hacker kerjaan gak jelas. paling tidak menurut saya gitu. mending ngasi makan ayam, pelihara burung merpati, pelihara lele. namun saya menemukan bug di jaringan Indihome. semoga pihak yang bersangkutan lihat blog saya buat nutup celahnya. oke ini sebenarnya udah lama bisa ngenet gratis. ya. cman emang terbatas sih waktunya. dan lemot abis. tp lumayan lah. buat mahasiswa… eh saya mahasiswa yak ? he he

jadi di jaringan Indihome kalau yang muncul login kayak gini kita harus beli user password pakai pulsa 5000. gini untuk form login ini indihome tidak menutup semua portnya. jadi kita bisa ngenet lewat port yang tidak diblog oleh indihome melalui proxy. install dlu Kproxy di firefox ya. lalu aktifkan. bisa ngenet deh. oh ya kadang2 juga gagal sih koneksinya. coba terus aja lama2 bisa. cman ya harus sabar sih. kan gratis. dan kproxy punya batasan waktu. klo udah mencapai batas ya nunggu dlu 30 menit. untuk versi gratisnya sih.

ok Indihome… kita anggap impas yah… secara legal formal saya tidak merusak atau merubah jaringan, justru saya memberi tahu kalau ada bug 🙂 tenang saja pelanggan anda gak kan pakai cara gini, cman yang gk punya duit buat beli kuota saja yang pakai cara ini.. kayak saya.. saya jangan sekali ngenet pakai pc di rumah…sekarang jamannya mobile…. 4 g cepet kuota melimpah… dan juga tingkat keberhasilannya tidak selalu berhasil entah kenapa. silahkan di analisis oleh team ya. ya sekian dokumentasi saya . sebenarnya ketemu cara ini sih karena kebetulan aja… he he

selamat malam  ^_^

Form login indihome

Form login indihome

Ngenet gratis It works

Ngenet gratis It works

 


ya saya mau share soal teknis mengenai salah saya role di windows 2008 server yaitu print server, printer yang mendukung komunikasi TCP/IP memang sebaiknya menggunakan Print server agar efisien kita tidak perlu install satu per satu di komputer. coba bayangkan misal ada 20 printer dengan komputer terhubung 500 komputer. bisa repot jika ada penambahan printer kan. kerjaan kita dituntut untuk seefisien mungkin. Saya ingat kata-kata Pak Miftachul Djauhari : ” Manage your energy, not your time ” . Beliau adalah Plant Director di tempat saya bekerja. bayangkan untuk menginstall sebegitu banyak printer di banyak komputer, berapa energy yang harus dikeluarkan ?.

Jadi dengan fasilitas print server memungkinkan untuk menginstall driver di server dan computer client hanya tinggal dikonekkan dengan printer tersebut melalui server. prosesnya lebih mudah dengan tinggal klik saja dan terhubung.

3317kalau servernya diakses akan muncul printer yang terinstall disana

3313

 

tapi ada sebuah kelemahan yaitu kadang-kadang servicenya stop sendiri / error sehingga user menghubungi untuk minta di restartkan servicenya. hal yang sepele tapi kalau terlalu sering ya kerepotan kita, lagipula banyak pekerjaan yang lebih penting yang lebih prioritas. jadi solusinya adalah restart service secara otomatis, entah sedang error atau tidak. terlalu lama interval restartnya menyebabkan bisa jadi user komplain ketika error, terlalu sering menyebabkan user komplain juga karena tidak bisa print karena servicenya restart terus, dan bisa jadi ketika ditengah print terrestart servicenya. maka dari itu kita coba setiap pagi, istirahat, dan malam waktu pulang.

  1. buat file restart print.bat ketikkan service apa yang akan di restart, dalam contoh ini service printer3314untuk mengetahui nama service yang akan di restart klik run ==> services.msc tentu kalau pekerjaan Anda IT langkah ini sudah anda ketahui3320
  2. buka task scheduler3321
  3. create new task3323
  4. di tab general isikan nama task nya  dan centang run whether user is logger on or not artinya tidak peduli sedang log on atau tidak task akan dijalankan. dan run with higest previlege agar previlege nya lebih tinggi ( level admin kira2 seperti itu )3325
  5. di tab action buat new actions dan arahkan ke file .bat yang dibuat di awal3328
  6. di tab tigger masukkan jadwal yang akan digunakan, saya masukkan 3 jadwal di pagi, siang waktu istirahat, dan malam.3330

hasilnya akan muncul

3331

semoga bermanfaat