Archive for the ‘Otomasi dan Robotika’ Category

Raspberry in your hand

Posted: 13 Februari 2017 in Otomasi dan Robotika

Raspberry dengan panel touchscreen

Raspberry dengan panel touchscreen

hmmm saya puya mainan baru… raspberry pi saya belikan touchscreen 5″, buat apa ya enaknya ? mungkin sistem kontrol dengan HMI (Human Machine Interface ) . tapi buat apa ? ya udah dicoba2 dlu saja. gerakin mesin kipas angin 🙂

 


berikut link yang dapat menjawab pertanyaan diatas http://id.wikihow.com/Mengetahui-Apakah-Telepon-Anda-Disadap

 

 

Turut memeriahkan suasana, kali ini beredar isu Pak Beye di sadap, hmmm… ya iya lah… gimana bisa pengacaranya Ahok persis tahu bahwa pembicaraan dilakukan pada waktu 10.06 ( silahkan dikonfirm lagi mengenai waktunya) . secara normal ketika saya telpon Ibu atau adek gitu saya gk kan inget2 telponnya pukul berapa. la ini bisa tahu waktunya. walaupun tentu memerlukan pembuktian lagi oleh si pengacara mengenai “bukti” yang di gembar – gemborkan.

Link diatas bagus tuh untuk mengentahui kita sedang disadap atau tidak. btw saya kepikiran mau jahilin kalau disadap, tapi saya bukan siapa2 kalau disadap, gk ada informasi penting dan rahasia… paling2 telpon komputernya rusak gk bisa nyala… hadeehh… gini

kalau di film2 sih si tukang sadap akan menggunakan headphone, biar suaranya jelas. gimana kalau kita lewatkan frekuensi tinggi biar nyakitin telinga si tukang sadap itu ? ya pakai telpon ke siapa gitu atau telpon ke hp kita yang lain… ngomong kasi kode mau ngasi informasi rahasia… lalu jauhkan telpon yang kita telpon dari telinga… lewatkan frekuensi tinggi yang masih bisa didengar manusia pakai buzzer, setting loudspeaker… lalu nyalakan high frequency …. pasti deh telinga si penyadap nguing nguing…atau frekuensi tinggi yang tidak bisa didengar manusia ( manusia punya batas kan 20 Hz sampai 20 Khz klo gk salah) mungkin kalau ini bisa merusak alat sadapnya.. gk tahu juga sih kan belum pernah nyoba… tapi kalau anda disadap bisa dicoba nih…

tapi gmn tahu sedang disadap itu agak sulit diketahui orang awam, bahkan saya….

yang saya tulis belum pernah saya coba yak… cman curcol aja…

126

 


image

Jadi ini seminggu sebelum dek Imam pulang dari jakarta Saya berhasil menyelesaikan 1 project lagi speaker portabel . Buat dengerin musik lumayan di kosan. Speakernya bekas. Amplinya bekas. Semua bekas kecuali boxnya. Saya harus beli box baru.
Ini bisa pakai powerbank atau cas hp biada soalnya power usb. Lumayanah suaranya.


wah ternyata Pengguna raspberry pi bisa di tracking. tentunya bisa saat kita daftarkan perangkat raspberry pi di rastract.

Di Malang ada 3 user terdaftar… salah satunya saya 🙂 cman alamatnya gk sesuai hi hi

bisa diakses di http://rastrack.co.uk/

Rastrack Malang

Rastrack Malang


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ilmu itu ibarat binatang buruan, kamu harus memburunya dan mengikatnya agar tidak lepas meninggalkanmu, dan untuk mengikat ilmu adalah dengan menuliskannya. Hmmm saya tulis apapun yang saya ketahui, meski mungkin hanya hal-hal kecil dan remeh yang mungkin bagi sebagian orang tidak penting. Tapi inilah hobi saya, riset dan menulis… Pengen jadi Profesor peneliti he he . ya udah kita mulai saja ya. semoga bermanfaat.

seperti yang saya tulis sebelumnya di https://tarecha.wordpress.com/2015/11/18/hellow-word-versi-raspi/ silahkan download di http://wiringpi.com/ librarynya dan diinstal. lalu download IDE C geany, IDE ini cukup mudah penggunaannya dan cukup ringan.

 

 

buat

Code blink

Code blink

Buat code berikut, idenya cukup sederhana, bikin lampu led blink seperti yang sebelumnya kemudian ditulis notifikasi ON atau OFF di layar.

setelah itu compile. sebelum itu edit dahulu confignya di menu Build ==> Set Build Commands, setting seperti berikut

S

 

compile config

compile config

Coba Compile lalu Build kemudian Execute (F5). hasilnya akan seperti ini

 

 

hasil run

hasil run

setelah programnya jalan kita butuh bikin scrip shell lagi untuk run program tersebut , untuk jalankan biasa kan cukup dari shell lalu jalankan sudo ./helloword . untuk startup sepertinya gk bisa gitu. saya coba langsung beberapakali gagal. jadi ini caranya

bikin helloword.sh

lal

script untuk startup

script untuk startup

waktu di klik 2x scrip tesebut belum bisa dijalankan. harus di chmod execute dahulu, tapi biasanya saya chmod 777

 

chmod script sh

chmod script sh

coba di klik 2x

coba tes di terminal

coba tes di terminal

excute in terminal akan menampilkan hasilnya di terminal, ada teks ON OFF nya yang tampil, tapi jika execute saja hanya lampu led nya yang hidup mati dan programnya jalan backgroud.

 

lalu sekarang setting startupnya ada 2 cara. 1. Execute biasa sehingga programnya hidden dan 2. atau run as terminal.

cara 1 bagus digunakan agar program jalan terus dan sulit di kill

edit file /etc/rc.local lalu restart

 

start up as service

start up as service

program akan berjalan tapi tidak ada notifikasi.

namun bila kita juga butuh nampilkan data di screen gunakan cara berikut

run in terminal startup

run in terminal startup

 

demikian semoga bermanfaat 🙂


Assalamu’alaikum.

saya mau melanjutkan posting sebelumnya, jadi ternyata saya udah beli raspi, sensor suhu dan kelembapan dht22, dan 1 buah RTC 1203DS. ternyata sudah saya coba2 menggunakan piton gk bisa, kurang kompatibel kali. jadi saya mulai dari dasar lagi pakai C, Alhamdulillah ada seseorang yang bikin library nya… link nya ini http://wiringpi.com/, orangnya tampaknya cukup berumur tapi hebat update raspi he he saya akan belajar dari web beliau. ini nih hellow word nya raspi… bikin lampu led blink.

cukup sekian ya… yang penting istiqomah..

Project Raspberry Pi

Posted: 26 Oktober 2015 in Otomasi dan Robotika

Assalamu’alaikum….

wah lama gak nulis, kali ini saya menulis singkat saja. setelah dapat project bikin aplikasi smart door yang menggunakan banana pi, arduino, bluetooth yang bisa diakses melalui internet menggunakan http tunelling pakai http://ngrok.com/ dan uangnya dapat 5 juta yang langsung saya belikan modal kamera Nikon D3300 buat adek yang pengen jadi wartawan, akhirnya saya gk ada kerjaan (gak ada project) kemudian beli sendiri deh Raspberry Pi 2 untuk next project, mungkin ini bukan project komersil, paling2 project penelitian. saya pengen meneliti cuaca di kota malang lebih tepatnya suhu udara dan kelembapan di rumah saya selama 1 tahun.

Jadi pas kuliah metode numerik saya bikin aplikasi untuk menyimpan data suhu setiap 10 menit, saya pakai aruino dan sensor suhu LM35. nyimpan di database komputer selama 3×3 hari. 3 hari di luar rumah, 3 hari di dalam rumah, 3 hari di kamar mandi. itu menyala terus komputer saya selama 9 hari. alhasil listiknya bengkak. bentar saya carikan datanya yang dulu he he ….. saya presentasikan dalam bentuk ppt. kemudian sebagai tugas akhirnya diminta untuk membuat fungsi tersebut. pertama saya pakai excel klik kanan trend line jadilah persamaan kuadrat ordo 6, kemudian diminta bikin persamaan tersebut secara manual dan di cocokkan dengan persamaan yang keluar dari excel. ogah Pak ya.. (Pak Cahyo). itu mau berapa tahun saya ngerjain manual ngitung pakai kertas dan nyamain dengan excel ? kalau teman2 lain masih memungkinkan karena datanya sedikit dan pengukurannya manual misal fungsi bensin menguap, kembang mekar lalu mingkup lagi, atau yang lain… datanya paling cuman berapa. punya saya seribuan deh.

data mengenai tugas saya menyusul ya. nanti akan di update. saya cari dulu he he ^_^

update untung masih ketemu.

08 09 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23

berikut laporan lengkap dalam bentuk pdf

Jadi idenya saya pengen bikin perekaman data selama setahun pakai raspberry pi suhu dan kelembapak, untungnya raspberry pin kan listriknya kecil he he … dan juga ada GPIO (General Purpose Input Output ) yang bisa disambung sensor langsung. pengen startnya sih 1 Januari 00.00 program yang kemarin berbasis arduino gk bisa dipakai lagi, sepertinya ganti piton nih. dari data tersebut pengen tahun suhu terdingin itu kapan dan terpanasnya kapan. lalu kalau bisa sih sampai nyala 5 tahun an biar kita punya record bagaimana perubahan cuaca di malang dan kira2 ada pergeseran kah ? apa penyebabnya ? yuk mencari tahu …. passion for reseach mode ON 🙂

Raspberry pi dengan OS Rasbian

Raspberry pi dengan OS Rasbian

Casing Biru Lock n Lock

Casing Biru Lock n Lock

Inside Raspberry PI

Inside Raspberry PI

Do’akan saja biar bermanfaat ya 🙂