umbelen

umbelen

 

ini foto lebaran

upgrade memory untuk menampung vm dari host yang mati

upgrade memory untuk menampung vm dari host yang mati

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

bingung nih cerita mulai dari mana. hmmm gini.. H-1 lebaran kami lembur, karena jadwalnya pas dengan maintenance listrik engineering harus matikan listrik server, ya udah sekalian kami nyambung listrik dari RUPS ( Rotary UPS) ke server. dan memang case terjadi lagi, server itu gk boleh shutdown sering2 sebenarnya, SLA nya 99.9% itu hanya boleh mati sekitar 4 jam dalam setahun itupun kalau terpaksa, tapi ya apa boleh buat karena penyambungan listrik ini diperlukan agar listrik data center kita lebih stabil dan kedepannya gk boleh down. kita mulai dengan penarikan kabel seminggu sebelumnya sehingga tinggal narik kabel sakja kebawah untuk disambungin. setelah server kita shutdown sesuai prosedur dll maka penarikan kabel berlangsung. melibatkan team engineering

pemasangan listrik

pemasangan listrik

oh ya kita ngerjain ini H-1 lebarang ya.. di malam takbiran he he. penyambungan listriknya harus terang, kita pakai lampu emergency, kan listriknya dimatikan. sekalian maintenance grounding dan periksa konektor listrik yang kurang rapet dengan thermal foto, dengan foto ini kita bisa tahu mana kabel yang panas karena konektor longgar. ingat untuk merapatkannya harus pakai alat2 APD alat pelindung diri, obeng khusus listrik yang insulasinya 1000v, sepatu safety, penerangan yang cukup, dan yang paling utama listrik harus sudah mati. di cek dengan tespen.Β  gambar berikut ada salah satu kabel yang agak panas karena konektornya longgar. bisa dilihat ya.

thermal foto

thermal foto

sekalian power meternya kami ganti yang digital, dengan power meter ini akan presisi pengukurannya dan datanya bisa di rekam di SCADA ( semacam komputer untuk menampung data akuisisi ) milik engineering, sehingga kita bisa mengontrol penggunaan daya, arus, tegangan, lalu bisa trace misal tiba2 ups rusak jam segini, kita lihat jam segitu apakah ada abnormalitas tegangan misal tinggi mendadak dll. untuk trace semacam itu lah.

power meter digital

power meter digital

setelah selesai semua sebelum di onkan di cek dlu phase nya sudah benar apa tidak, karena kalau kabelnya salah bisa rusak. ada 3 phase yang berbeda dan mengeceknya bisa pakai alat fluke.

seperti ini gambarnya. setiap fasa berbeda 120 derajat.

pengecekan fasa

pengecekan fasa

kira2 kalau pakai osiloskop akan seperti ini. kabelnya ada 4. R S T dan N netral. salah kabel meski satu akan berakibat rusaknya perangkat yang membutuhkan 3 fasa dalam hal ini Precision AC dan UPS

UPS membutuhkan waktu singkronisasi fasa sebelum switch ke ups

UPS membutuhkan waktu singkronisasi fasa sebelum switch ke ups

setelah semua di cek oke maka kita hidup kan PAC dahulu, PAC oke langsung nyala. lalu UPS. disini ada yang ingin saya informasikan, ketika ups hidup pertama dia akan langsung bypass ke listrik PLN langsung. karena kita belum di ON kan. ketika dipencet tombol ON selama 5 detik makan akan hidup namun gk langsung hidup dan mematikan bypass, butuh waktu beberapa lama untuk mensingkronkan fasanya agar sama sehingga daya sama sekali gk putus. hmmm… gimana ya ilustrasinya… coba lihat video berikut di menit 1:46

dannnn,,,, server blade H22 kami ada 7 server fisik, 3 server gk mau up hikz hikz… karena memang servernya sudah berumur. seperti sepeda honda 80 gitu, nyala terus gpp, tapi begitu mati startnya agak kesulitan. 3 server tersebut gk mau konek dengan AMM Advanced Management Module

error host

error host

3 host tersebut 1 host server, 2 host VDI untuk client. kami punya 3 host server dan 3 host vdi. agar servernya hidup semua makan 2 yang tersisa kami maksimalkan memorynya dari server blade yang mati

upgrade memory untuk menampung vm dari host yang mati

upgrade memory untuk menampung vm dari host yang mati

dan memindahkan host yang mati ke server yang hidup. pakai vmotion, kerennya vmotion meski hostnya mati diba bisa di migrate. seperti ini caranya. ini hanya simulasi ya. krn kan pas asli saya fokus migrate bukan nulis. klik kanan migrate, change host, pilih host yang hidup finish, oh ya sekalipun vm nya hidup juga bisa ganti host loh, hebatnya vm ware. bahkan vcenter untuk memanagement host dan vm ini juga windows virtual machine bisa di migrate ketika sedang online. dengan tidak sampai diskonek sama sekali. ini dilakukan dengan keadaan saya remote. istilahnya mungkin yang tepat “on the fly” keren kan ? πŸ™‚

 

lalu bila ada host yang not responding caranya klik kanan remove. karena host yang not responding tombolnya disable semua dan gk bisa di apa2 in.

lalu ke datastore browser. cari file .vmx nya , add lagi sebagai host.Β  saya ilustrasikan ya,

pertama host yang not responding dan gk bisa di migrate di remove

kedua ke host sumary, ke stograge, klik kanan storagenya dan brows

cari folder VM nya cari file .vmx klik kanan add to inventory

nanti di start power on vm nya, nanti di tab summary ada pertanyaan. pilih move. jangan copy. dengan begitu meski gk bisa di migrate tapi vm nya bisa dihidupkan lagi.

 

 

 

hmmm demikian share dari saya, memang sih servernya sudah waktunya ganti… dan tahun depan InsyaAllah kami implementasi hyperconvergence pakai nutanix… apa itu ? lihat tahun depan ya πŸ™‚
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Iklan

AC Hemat Energi versi mahasiswa

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

Peltier ac ala mahasiswa…. tinggal modul peltier nya saja

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Ketemu teman kuliah

Ketemu teman kuliah

di acara inovation hub Schneider Electric

di acara inovation hub Schneider Electric

pembukaan

pentingkah mengikuti seminar – semniar yang diadakan vendor ? jawaban saya sangat penting. dengan mengikuti seminar tersebut kita bisa mengetahui update teknologi terbaru yang dikembangkan oleh vendor. kalau mengandalkan dari kuliah atau internet saja kurang sip, disini kita bisa bertanya langsung pada ahlinya dan sebagai menambah wawasan apakah teknologi itu bisa diterapkan di lingkukang perusahaan, dan yang lebih bisa lagi kita bisa belajar dan “meniru” teknologi tersebut dengan membuatnya dengan versi low costΒ  dengan DIY project, seperti yang selama ini saya lakukan. oh ya disini keren banget acaranya, ada mbak-mbak cakep yang membuat hati berdesir… astaghfirullah…. ada foto cuman malu ah…

ada beberapa hal yang bisa saya adopsi IoT nya terutama mengenai scada “Supervisory control and data acquisition” , yang sebenarnya project https://tarecha.wordpress.com/2018/04/07/project-weather-logger-part-12-analisis-data/ merupakan scada juga loh. dan saya mau bikin project Power Monitor di rumah, namun belum nemu sensor yang pas.

Contoh monitor power sensor

Contoh monitor power sensor

Contoh monitor power gateway

Contoh monitor power gateway

saya yakin bisa buat alat ini, cman belum nemu yang pas saja. intinya seperti tang clamp meter. mengukur tegangan dan arus dan bisa diakses via web, cman untuk menyimpan record datanya masih butuh alat lain. dan jika dijumlahkan cukup mahal untuk rumah tangga :-). dan juga rumah tangga gk perlu SCADA seperti ini, saya pengen bikin buat di rumah biar tahu sebulan berapa KWh yang digunakan, beban puncak kapan dan tegangan drop kapan, mirip yang weather logger itu lah.

dan saya ketemu teman kuliah saya, ternyata ikut juga. dan juga saya nyobain sepeda listrik di pameran tersebut, harganya 17 jt. masih cukup mahal sih,

Awas Nabrak πŸ™‚ Sepeda elektrik di acara Schneider sby

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

 

 

oke gitu saja sih ya πŸ™‚
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

 

 

 


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

hmmm bingung mulai cerita dari mana. cerita lanjutan dari sini https://tarecha.wordpress.com/2018/04/27/gagal-ke-jakarta-hari-ini-tapi-tidak-besok-insyaallah/

jadi setelah gagal berangkat saya langsung cus pesan tiket besoknya. jam 11 pakai kereta jayabaya. singkat cerita kami berangkat, saya dan ibu. ayah jaga rumah, kami punya peliharaan ayam, kalau ikut semua gk ada yang ngasi makan ayam he he. di perjalanan lumayan lama ini saya sempatkan beli coklat panas. di gerbong kereta, habis bosen duduk terus. lalu saya cari tempat kosong untuk tidur disana, sementara ibu di kursi agar bisa selonjor juga.

Bukan starbucks kok πŸ™‚

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

 

akhirnya sekitar jam 2 malam kami tiba di jakarta, adek sudah menyusul. untuk menurunkan koper yang berisi jeruk itu saya gk kuat angkat sendiri, hmmm. berat sekali. apalagi stasiun pasar senen turun kebawah dlu dengan tangga, ingin sekali melemparkan kopernya. esok harinya kami ke CFD untuk sarapan. seperti ini suasananya. kami muter2 disana, capek dan panas.

Catch the moment

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

 

oh ya ada tanding tinju juga . lucu sekali

Catch the moment

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

setelah itu pulang, sholat, beres2 lalu jalan2 ke mall grand indonesia, ada masakan udon jepang. saya pengen tahu sih gimana rasanya, lagipula ada logo Halal MUI, dimana saya tahu gk gampang untuk sertifikasi halal ini. jadi yakin lah. lagipula yang di pesan mi udon tahu dan mi udon nuget dikasi kuah kare. rasanya ? hmm.. gk cocok.. masak mi dikasi bumbu kare ? ya emang bukan lidah orang jepang he he.

oh ya sebelumnya saya janjian sama luluk untuk ketemu, sama suaminya juga tentunya πŸ™‚ jadi inget klo masih jomblo. sebenarnya gk tahu arah, mau ke ciputat depan uin naik gojek lama dan mahal sih 40 rb an belum kalau macet, akhirnya saya berangkat ke halte busway dekat grand indonesia tanya apakah ada yang ke ciputat, ada adek2 berjilbab yang nunggu juga, langsung saya tanya ke ciputat ya ? iya… mahasiswa uin ya ? iya ,.. kok tahu… biasalah… sesama anak uin pasti ngerti. akhirna naik bus way, saya sempet tidur disana. lama banget 1,5 jam an lah lamanya

akhirnya sampai kemudian sholat dulu di masjid uin jkt yang samping rumah sakitnya, gk lupa foto dlu buat kenang2 an. oh ya yang saya post yang sudah saya upload di ig saja ya, ilang soalnya

Orang udik ke Ibu kota… kyk orang ilang πŸ™‚

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

di jemput wafa suaminya luluk lalu kita ngobrol2 seperti biasa, sudah 2 tahun gk ketemu, lalu foto bareng. pulang deh. di jalan dianterin wafa. kita ngobrol2 soal dek tsamara amany, anak psi. yap… yang gincu nya merah itu. partai solidaritas indonesia πŸ™‚ dasar lelaki.

 

besoknya pulang, di malam nifsu sya’ban. saya sudah diingetin untuk berdizikir sama ibu, tapi sibuk saja main hape. disuruh jangan main hape terus.

lalu saya tidur. paginya dicari gk ada. saya lacak di alamat berikut. hmmm.. 2x hape ilang.. yah semua karena gk dengerin kata ibu, pertama dilarang gk boleh main sama temen pas malam minggu, ilang di copet, kedua karena disuruh dzikir sibuk main hape.

lokasi hape ilang

lokasi hape ilang

 

ya akhirnya beli lagi deh… warna rose gold atau pink. karena 2 kali beli hitam ilang semua πŸ™‚

semoga yang ini awet….

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Hmmmm mau cerita dari mana ya…

Dari pabrik saja deh, plg pabrik saya nunut mobil pabrik sampai singosari. Langsung cus beli oleh2 brownies amanda keju… kasta tertinggi brownies amanda. Beli 2. Satu buat adek satu buat luluk, sahabat saya di jkt. Dia lagi hamil. Lalu beli strudel. Buat pelengkap.

Setelah siap2 cus pesan grab, 2 menit datang. Ke stasiun macet parah. Ada acara drum band… duh kok ya yg bikin acara gk mikir.. di lapangan rampal saja sana kek jangan di jalan utama. Habis itu karena antri panjang dan tinggal 1 km diputuskan jalan. Saya jalan kaki dengan ibu. Gk nutut. 5.36 baru sampai. Kereta sudah berangkat. Capek sekali krn barang berat sekali. Isinya jeruh hampir 20 kg. Akhirmya dititipkan ke orang jual teh. Nitip. Lalu beli tiket buat besok. Plg lagi naik grab.

Semoga besok lancar, Aamiiin …

Bersih Panderman 2018

Posted: 23 April 2018 in kegiatan

Anak kembar yang cewek…. Anak siapa nih naik gunung πŸ™‚

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

Bersih Panderman

Bersih Panderman

Jagoan kecil nih

A post shared by Agung Tarecha / Cemara Angin (@agungtarecha) on

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

jadi… saya ikut bersih2 panderman 22 april kemarin, guaya… bersihkan kamar saja jarang… tarecha’s lab masih berantakan seperti biasanya… jadi intinya ngejar banyak2 gerak langkah ke labuhan bajo sehingga kemarin membukukan 27 ribu langkah.

Latar Ombo Camp

Latar Ombo Camp

ketemu dengan jalur terjal.. ya disini terjal sekali. naik mungkin lebih dari 50 derajat paling

jalur terjal

jalur terjal

kabut mulai turun

kabut mulai turun


Arduino MKR GSM 1400

Arduino MKR GSM 1400

 

link project https://create.arduino.cc/editor/agung.tarecha/d8337cc3-c228-408d-a4a5-6727c2f11e3c/preview

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

jadi… kemarin ada kebutuhan notifikasi ke user agar dapat info secepatnya jika suhu diluar batas normal, dari PLC keluar kontak kering, dry contact dimana sama seperti Environmux yang dry contact yang contact no contact , sambung putus, open close. jadi gimana caranya agar user tahu. kalau pakai bot python ngirim telegram masih ribet. seperti project saya yang weather logger suhu bila diluar range maka kirim email, ada program python yang harus dijalankan dari jadi service. sehingga tergantung. saya bikin sistem pakai arduino mkr gsm 1400 agar simpel dan independen. karena cuman dry contact dari plc. plc nya sendiri kirim tegangan 24 volt yang nanti disambungkan relay, dari relay tersebut disambungkan arduino. kira2 begitu. nanti jam 1 an saya upload video nya deh.

oh ya hal yang beda adalah saya gak pakai arduino ide di windows seperti biasa, sekarang nyoba arduino cloud. tapi sebelum itu kita rangkai dlu yuk.

  1. schematic
    schematic

    schematic

    pinout arduino

    pinout arduino

    soldering

    soldering

    2. Cloud arduino Create

    oke masuk ke https://create.arduino.cc/, ya ini agak berbeda ya, compile nya di cloud, nanti install plugin agar bisa komunikasi serial dengan arduino, kelebihannya adalah kita gk ribet urusan plugin, kalau di desktop harus install plugin kalau gk ada, kalau di cloud sudah tersedia, cman belum coba yang nodemcu sih, kemarin pakai arduino ide download xtensanya dlu 100 mega an. dan juga karena file kita disimpan di cloud jadi gk bingung nyari misal hilang, dan file nya akan sama kalau saya pakai laptop rumah dan komputer pabrik. tingal play. oke let’s start

    masuk dlu ke https://create.arduino.cc/ .
    masuk

    Create Editor

    Create Editor

    lalu login, bikin akunnya dilewati ya. silahkan bikin sendiri dlu, masukkan user password kalau sudah bikin akun. lalu download pluginnya, install,.. saran saya matikan antivirus dulu . install seperti biasa hingga pluginnya jalan

  2. plugin install

    plugin install

plugin jalan

plugin jalan

berikut interfacenya

interface arduino web editor

interface arduino web editor

select board dan portnya

select board dan port

select board dan port

berikut versi video nya

3. code
kira2 seperti ini codingnya, bisa dilihat, saya malas njelasin. intinya kalau input on togle dari off dia akan jalankan perintah kirim sms


#include <MKRGSM.h>


// initialize the library instance
GSM gsmAccess;
GSM_SMS sms;

const byte  input1 = 2;   
const byte  input2 = 3;
const byte  input3 = 4;
const byte  input4 = 5;
const byte led = 6;     //internal led di pin 6, buat indikator contact
const byte ledready = 7; // led merah besar untuk menandakan system ready

boolean lastButtonState1 = 0;   //variable menampung state button yang terakhir agar
boolean lastButtonState2 = 0;   //togle status , tidak on terus atau off terus selama loop
boolean lastButtonState3 = 0;  
boolean lastButtonState4 = 0;  

boolean buttonState1 = 0;       //sama kyk diatas, read status button saat ini
boolean buttonState2 = 0;
boolean buttonState3 = 0;
boolean buttonState4 = 0;


char penerimaSMS1[] = "081232619895";    //daftar nomer telepon 
char penerimaSMS2[] = "085646491192";
char penerimaSMS3[] = "081232619895";
char penerimaSMS4[] = "085646491192";
char penerimaSMS5[] = "081232619895";
char penerimaSMS6[] = "085646491192";

void setup() {
  pinMode(ledready, OUTPUT);
  digitalWrite(ledready, HIGH);       //off kan led tanda ready, aktif low, jika high akan mati
  
    // initialize the button pin as a input:
  pinMode(input1, INPUT);
  pinMode(input2, INPUT);
  pinMode(input3, INPUT);
  pinMode(input4, INPUT);
  pinMode(led, OUTPUT);

  Serial.begin(9600);
  while (!Serial) {
    ; // wait for serial port to connect. Needed for native USB port only
  }
  Serial.println("Serial OK");

  // initialize serial communication:

  
  Serial.println("SMS Messages Sender");

  // connection state
  boolean connected = false;

  // Start GSM shield
  // If your SIM has PIN, pass it as a parameter of begin() in quotes
  Serial.print("Connecting Network");
  while (!connected) {
    Serial.print(".");
    if (gsmAccess.begin() == GSM_READY) {
      connected = true;
      Serial.println("Jaringan Konek");
    } else {
      Serial.println("Jaringan Tidak Konek");
      delay(1000);
    }
     
  }

  Serial.println("SYSTEM READY !");
  digitalWrite(ledready, LOW);                  //system ready, led merah dinyalakan
}

void kirimSMS1ON()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 1 di luar batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS alarm Channel 1 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS1OFF()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 1 kembali ke batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS normal Channel 1 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS2ON()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 2 di luar batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS alarm Channel 2 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS2OFF()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 2 kembali ke batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS normal Channel 2 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS3ON()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 3 di luar batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS alarm Channel 3 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS3OFF()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 3 kembali ke batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS normal Channel 3 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS4ON()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 4 di luar batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS alarm Channel 4 COMPLETE!\n");
}

void kirimSMS4OFF()
{
  char txtMsg[] = "Suhu Channel 4 kembali ke batas normal";
  sms.beginSMS(penerimaSMS1);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  
  sms.beginSMS(penerimaSMS2);
  sms.print(txtMsg);
  sms.endSMS();
  Serial.println("\nKirim SMS normal Channel 4 COMPLETE!\n");
}


void loop() {
  
  buttonState1 = digitalRead(input1);
  buttonState2 = digitalRead(input2);
  buttonState3 = digitalRead(input3);
  buttonState4 = digitalRead(input4);


  if (buttonState1 != lastButtonState1) {

    if (buttonState1 == HIGH) {
     Serial.println("Input 1 ON");
     digitalWrite(led, HIGH);
     kirimSMS1ON();
    } else {
      
      Serial.println("Input 1 OFF");
      digitalWrite(led, LOW);
      kirimSMS1OFF();
    }
  
    delay(50);
  }
  lastButtonState1 = buttonState1;
  
  if (buttonState2!= lastButtonState2) {

    if (buttonState2 == HIGH) {
     Serial.println("Input 2 ON");
     digitalWrite(led, HIGH);
    kirimSMS2ON();
    } else {

      Serial.println("Input 2 OFF");
      digitalWrite(led, LOW);
      kirimSMS2OFF();
    }
  
    delay(50);
  }
  lastButtonState2 = buttonState2;
  
  if (buttonState3 != lastButtonState3) {

    if (buttonState3 == HIGH) {
     Serial.println("Input 3 ON");
     digitalWrite(led, HIGH);
     kirimSMS3ON();
    } else {

      Serial.println("Input 3 OFF");
      digitalWrite(led, LOW);
      kirimSMS3OFF();
    }
  
    delay(50);
  }
  lastButtonState3 = buttonState3;
  
  if (buttonState4 != lastButtonState4) {

    if (buttonState4 == HIGH) {
     Serial.println("Input 4 ON");
     digitalWrite(led, HIGH);
     kirimSMS4ON();
    } else {

      Serial.println("Input 4 OFF");
      digitalWrite(led, LOW);
      kirimSMS4OFF();
    }
  
    delay(50);
  }
  lastButtonState4 = buttonState4;





}

 

4. trial

Serial monitor

Serial monitor

SMS diterima

SMS diterima

 

hasil trial